4 Tips Atasi Kendala dalam Menulis


4 Tips Atasi Kendala dalam Menulis
Image: pixabay.com

          Dunia literasi bukanlah hal yang baru, telah banyak penulis yang lahir setiap harinya, entah itu penulis status, penulis buku bahkan beberapa media online lainnya. Menulis merupakan suatu pekerjaan mulia jika digunakan ke hal positif, namun tidak sedikit pula yang mengacu kepada hal negatif. Na'udzubillah. Semoga saja bukan kita salah satunya.

          Menjadi penulis tidaklah mudah. Mengapa saya katakan demikian? Ya, kalau hanya menjadi penulis status hoax itu sih gampang, namun ingat DOSA. Berbeda dengan penulis artikel, review atau lain sebagainya, tentunya harus mengumpulkan data akurat, mensurvey langsung jika perlu. Dari pengalaman saya, berikut ada beberapa tips mengatasi kendala dalam menulis:
  • Membuat daftar.
Yakni membuat daftar pada jam-jam berapa badan dan mata lebih segar. Sebab, badan dan mata dengan kondisi yang segar tentunya akan membuat ide timbul sehingga membuat semangat untuk mengembangkan ide tersebut.
  • Berwisata.
Dengan berwisata akan membuat pikiran refresh dan tentunya membuat ide mengalir begitu saja, sehingga berwisata cocok untuk mengembangkan tulisan. Di sini kita perlu membawa buku catatan khusus untuk menulis apa saja yang ingin ditulis.
  • Cape? Tidur.
Mungkin sebagian diantara kita ada yang terlalu memaksakan diri dalam menulis, ketika kantuk menyerang kita tetap saja memaksakan diri untuk menyelesaikan tulisan. Hal tersebut SALAH, sebab ketika mata mengantuk, kerja otak mulai menurun sehingga tulisan pun akan  ngelantur jika dipaksakan.
  • Mencari referensi sebanyak-banyaknya.
Jika ingin menjadi penulis maka jadilah pembaca, sebab menulis tanpa membaca ibarat pensil yang tumpul. Menjadi penulis dituntut untuk sering-sering membaca, karena membaca merupakan nutrisinya seorang penulis.

          Demikian beberapa tips yang dapat saya jabarkan. Jika ada masukan silakan share di kolom komentar agar pembaca lainnya juga mendapat ilmu, sebab ilmu semakin dibagi akan semakin bertambah.

Komentar

  1. Makasih banyaaak tipsnyaa, lagi kena writers' block iniii. Hikss rasanya susah mengumpulkan semangat buat ngeblog lagi. Daftar panjang udah disusun, tp mood buat nulisnya yang tidak kunjung terkumpul :" oiya, salam kenaal yaaaa :D

    BalasHapus
  2. kalau saya biasanya kalau ada ide langsung ditulis judulnya dulu. anggap sebagai tabungan ide jadi kalau nanti sudah mood nulis bisa langsung eksekusi

    BalasHapus
  3. Setuju kak, aku pun kalo udah mentok nulis, ya alihkan dengan jalan-jalan sama tidur hihihi :)

    BalasHapus
  4. kalo saya turing mas....biar fresh, trus ide2 baru akan muncul seiring pengalaman di sepanjang perjalanan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siap - siap Rusuh di Bioskop Karena Film Temen Kondangan

Menabung Untung di Sobatku

Asah Skill Barbahasa Inggris Bersama TBI