Tuesday, April 11, 2017

Jangan Malu Bertanya

Jika tidak tahu, maka bertanyalah ... Mempermudahkan urusan apapun.

     Pernah kita mendengar kata pepatah "Malu bertanya, sesat di jalan", hal ini memang benar adanya. 

     Pernah suatu ketika saya baru ke luar dari rumah sakit setelah dirawat tiga hari karena sakit types. Sore itu saya ingin sekali menikmati aroma rintik hujan di teras, dan menikmati tarian indah pohon mangga yang hampir dua tahun berdiri gagah di halaman rumah. Lalu, tiba-tiba di bibir jalan tampak sepasang suami-istri yang kebingungan. menoleh ke kanan dan ke kiri, mengamati secarik kertas di tangan sesekali, kemudian menolehkan kepala kembali. Mungkin sedang mencari alamat, gumam saya waktu itu. Mau mendekat, laju motor itu kemudian menjauh. "Mungkin alamat yang dituju sudah ketemu", saya kembali menggumam dan kembali ke tempat semula saya duduk.

     Sekitar sepuluh menit kemudian, sepasang suami-istri tadi melewati kembali jalan yang melintasi rumah saya sembari kembali menoleh ke kanan dan ke kiri. Kalau saja orang yang berpikiran negatif, bisa saja sepasang suami-istri itu dicurigai. Kan, sekarang lagi musim penculikan. "Penculikan aja pakai musim :D ".

     Kali ini, saya memburu segera. Tampaknya si istri yang sedari tadi kelelahan mondar-mandir menyesuaikan alamat di secarik kertas dengan yang terpampang di dinding tiap rumah mengetahui keberadaan saya. Dan siapa sangka, percakapan seru di antara kami bertiga bermula.
"Di sini rumah kamu, Her?", tanyanya. Dan saya mengangguk.

       Deni dan istrinya. Deni teman sekantor, diam-diam mencari tahu alamat rumah, ingin menjenguk secara surprise katanya. Akan tetapi, dia malah linglung akibat tidak bertanya.
"Padahal dari tadi kami mondar-mandir melewati rumah kamu, Her. Alamatnya mungkin kurang lengkap dan lagipula tidak tampak papan nomor rumah kamu."

     Saya hanya bisa menahan tawa, ya tentu saja papan nomor rumah tidak terlihat, nomornya saja ketutupan sama pohon mangga. 

     Dari cerita di atas dapat disimpulkan:
1.  Jangan pernah ada rasa malu untuk bertanya, jika kita belum tahu pasti tentang apa yang sedang kita cari tahu.
2.   Jika ingin memberi surprise, cari tahu dulu keadaan dan situasi seseorang yang akan kita tuju. Dapat dilakukan dengan menanyakan kepada yang bersangkutan besok ada kegiatan apa dan dimana.

Hanya itu saja yang dapat saya paparkan, semoga kita bisa budayakan untuk menanyakan apa yang belum diketahui, atau dapat dicari pada mesin google.

No comments:

Post a Comment

Hadirnya Teknologi Domus di Pameran Konstruksi di Indonesia

Saat merancana membagun rumah pertama bisa menjadi keputusan yang sangat besar bagi Anda. Butuh waktu panjang untuk melakukan pertimbangan s...