Tuesday, August 22, 2017

Ceramah Singkat: Akhlak Ketika Mendapat Rezeki, Nomor 1 Sering Dilupakan

     Sewaktu zaman sekolah dulu, saya dan teman-teman pernah diberi tugas oleh guru untuk membuat sebuah tulisan ceramah agama islam lalu mempraktikkannya ke depan kelas. Sempat bingung, sebab saya belum pernah sama sekali berceramah meskipun di depan teman sendiri. Untungnya ayah saya punya banyak koleksi buku agama islam, jadi saya pun memulai menyusun ceramah singkat yang akan saya tampilkan di depan kelas.

     Berikut adalah contoh ceramah dengan judul "Akhlak Ketika Mendapat Rezeki".

Assalamu'alaikum wr. wb

Hamdan wasyukron lillah, 
sholatan wassalaman 'ala Rosulillah,
Amma ba'du

   Sahabat sekalian yang insyaa Allah selalu dalam Rahmatan Lil 'alamin. Diantara yang menyibukkan umat manusia adalah mencaari rezeki. Tidak ada batasan dalam mencari rezeki dan rezeki akan diturunkan kepada siapapun yang mau berusaha.

     Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 27
Bismillahirrahmanirrahim
Ceramah Singkat
Ayat di atas menjelaskan bahwasanya Allah akan memberi rezeki kepada siapapun yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

     Dalam kehidupan ini, Allah banyak memberikan rezeki kepada kita. Baik itu rezeki berupa harta, luang waktu, kesehatan dan lain sebagainya. Sebagai contoh: Saat ini kita masih bisa bernapas, menikmati beranekaragam rasa makanan dan minuman. Itu merupakan rezeki yang Allah berikan kepada kita, maka hendaklah kita mengucapkan Alhamdulillah.

     Lalu, ketika Allah memberikan rezeki kepada kita, apa yang harus kita lakukan? Tentu saja yang kita lakukan adalah:
  • Pertama. Bersyukur kepada Allah SWT.
Ketika kita diberi rezeki oleh Allah, baik itu rezeki yang banyak maupun rezeki yang sedikit, hendaklah kita mengucapkan "Alhamdulillah". Sebab, dengan mensyukuri apa yang telah Allah berikan, insyaa Allah pintu rezeki akan semakin dibukakan. Aamiin.

  • Kedua. Berhemat.
Ketika Allah memberikan rezeki kepada kita, maka hendaklah kita kelola rezeki itu dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qur'an surah Al-Furqan ayat 67.
Bismillahirrahmanirrahim
Ceramah Singkat

Allah katakan: "Ketika engkau diberikan rezeki oleh Allah, gunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan mubazir/ berlebih-lebihan dan jangan pula kikir. Namun, berada diantara keduanya secara wajar.

  • Ketiga. Dermawan.
Ketika Allah memberikan rezeki-Nya kepada kita, maka hendaklah kita mengeluarkan rezeki itu di jalan yang diridhoi Allah SWT. Rezeki bukan hanya tentang harta, namun ilmu yang dimiliki juga termasuk rezeki. Pada hakikatnya, sifat dermawan bisa dimiliki oleh siapapun, sebab harta dan ilmu hanya titipan-Nya kepada kita.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika terdapat kesalahan.
Nasrumminallah wafadhum korib
wabassiril mukminin

Wassalamu'alaikum wr.wb

     Nah, itulah ceramah singkat yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan kita dapat mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

Hadirnya Teknologi Domus di Pameran Konstruksi di Indonesia

Saat merancana membagun rumah pertama bisa menjadi keputusan yang sangat besar bagi Anda. Butuh waktu panjang untuk melakukan pertimbangan s...