Skip to main content

Ceramah Singkat: Akhlak Ketika Mendapat Rezeki, Nomor 1 Sering Dilupakan

     Sewaktu zaman sekolah dulu, saya dan teman-teman pernah diberi tugas oleh guru untuk membuat sebuah tulisan ceramah agama islam lalu mempraktikkannya ke depan kelas. Sempat bingung, sebab saya belum pernah sama sekali berceramah meskipun di depan teman sendiri. Untungnya ayah saya punya banyak koleksi buku agama islam, jadi saya pun memulai menyusun ceramah singkat yang akan saya tampilkan di depan kelas.

     Berikut adalah contoh ceramah dengan judul "Akhlak Ketika Mendapat Rezeki".

Assalamu'alaikum wr. wb

Hamdan wasyukron lillah, 
sholatan wassalaman 'ala Rosulillah,
Amma ba'du

   Sahabat sekalian yang insyaa Allah selalu dalam Rahmatan Lil 'alamin. Diantara yang menyibukkan umat manusia adalah mencaari rezeki. Tidak ada batasan dalam mencari rezeki dan rezeki akan diturunkan kepada siapapun yang mau berusaha.

     Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 27
Bismillahirrahmanirrahim
Ceramah Singkat
Ayat di atas menjelaskan bahwasanya Allah akan memberi rezeki kepada siapapun yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

     Dalam kehidupan ini, Allah banyak memberikan rezeki kepada kita. Baik itu rezeki berupa harta, luang waktu, kesehatan dan lain sebagainya. Sebagai contoh: Saat ini kita masih bisa bernapas, menikmati beranekaragam rasa makanan dan minuman. Itu merupakan rezeki yang Allah berikan kepada kita, maka hendaklah kita mengucapkan Alhamdulillah.

     Lalu, ketika Allah memberikan rezeki kepada kita, apa yang harus kita lakukan? Tentu saja yang kita lakukan adalah:
  • Pertama. Bersyukur kepada Allah SWT.
Ketika kita diberi rezeki oleh Allah, baik itu rezeki yang banyak maupun rezeki yang sedikit, hendaklah kita mengucapkan "Alhamdulillah". Sebab, dengan mensyukuri apa yang telah Allah berikan, insyaa Allah pintu rezeki akan semakin dibukakan. Aamiin.

  • Kedua. Berhemat.
Ketika Allah memberikan rezeki kepada kita, maka hendaklah kita kelola rezeki itu dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qur'an surah Al-Furqan ayat 67.
Bismillahirrahmanirrahim
Ceramah Singkat

Allah katakan: "Ketika engkau diberikan rezeki oleh Allah, gunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan mubazir/ berlebih-lebihan dan jangan pula kikir. Namun, berada diantara keduanya secara wajar.

  • Ketiga. Dermawan.
Ketika Allah memberikan rezeki-Nya kepada kita, maka hendaklah kita mengeluarkan rezeki itu di jalan yang diridhoi Allah SWT. Rezeki bukan hanya tentang harta, namun ilmu yang dimiliki juga termasuk rezeki. Pada hakikatnya, sifat dermawan bisa dimiliki oleh siapapun, sebab harta dan ilmu hanya titipan-Nya kepada kita.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika terdapat kesalahan.
Nasrumminallah wafadhum korib
wabassiril mukminin

Wassalamu'alaikum wr.wb

     Nah, itulah ceramah singkat yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan kita dapat mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Comments

Popular posts from this blog

Kategori Menjadi Pria Idaman

Di dalam kehidupan, baik pria maupun wanita tentunya menginginkan sesuatu hal yang lebih, entah itu lebih ganteng dari David Bechkam, lebih cantik dari Merlin Mondro atau bahkan ingin punya kelebihan-kelebihan lainnya. Namun, sedikit sekali yang menyadari bahwa yang membuat seseorang itu terlihat lebih (apalagi seorang pria di mata seorang wanita) adalah bagaimana ia memperlakukan seseorang dengan baik.
          Bagi sebagian wanita, pria idaman itu adalah yang memiliki wajah ganteng, motor/ mobil mentereng, harta setinggi genteng dan masih banyak lainnya. Siapa sih yang bisa menolak? Tentunya menjadi incaran. Namun, yang paling bikin beken, jika wajahnya udah ganteng, harta dan popularitasnya keren, eeeh ibadahnya kuat men. Terus, pekerjaan istri dibantu tanpa rasa malu, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang selalu memuliakan istrinya.
         Yang ingin mencoba menjadi pria idaman atau suami idaman, berikut tipsnya: Bantu pekerjaan istri meskipun sekedar bersih-bersih ataupu…

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Semangat Berwirausaha, Bekerjasama dengan TM Agung Podomoro

Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga, sebab semakin lama kebutuhan akan terus meningkat. Namun, untuk memulai berwirausaha bukanlah suatu persoalan yang gampang, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan, diantaranya: modal yang memadai, lokasi yang strategis dan harga sewa kios yang terjangkau. Namun, pada kenyataannya, ketiga faktor tersebut terkadang salah satunya tidak memenuhi kriteria, semisalnya modal sudah tersedia, dan sewa kios juga terjangkau namun terkendala dengan lokasi yang tidak strategis, atau mungkin mendapatkan lokasi strategis namun harga sewa kios selangit.
  Karena keinginan saya untuk berwirausaha begitu besar, namun masih bingung mencari lokasi yang strategis dan dengan harga sesuai budget, saya kemudian searching ke beberapa website, akhirnya saya menemukan lokasi yang diinginkan. Demi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, saya pun kemudian melakukan observasi ke lokasi tujuan, T…