Skip to main content

Kenali Apa Itu Zakat dan Nishabnya

"Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (QS. At-Taubah: 103)

     Sebagaimana kita ketahui, zakat merupakan rukun islam ke-4. Diantara lima rukun islam, zakat adalah satu-satunya rukun yang memiliki dimensi sosial-ekonomi. Bahkan dalam pelaksanaannya zakat menjadi satu-satunya rukun yang menuntut adanya pengelola (aamil) atau petugas, dan tentunya yang mengerti hukum, paham kondisi sosial-ekonomi masyarakat. 

     Zakat merupakan perwujudan keimanan, rasa syukur, kemuliaan akhlak, bukti tidak rakus, egois serta menjadi langkah untuk membersihkan diri dan mensucikan ruhani. Masih sedikitnya umat yang mau berzakat, itu dikarenakan umat masih tidak tahu hukum zakat. Padahal, hakikatnya zakat tidak mengurangi harta si pemiliknya, justru semakin bertambah dan semakin berkah. 

     Zakat itu hak Allah yang harus ditunaikan oleh orang-orang yang berkewajiban membayar zakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, apabila belum dibayar oleh orang yang sudah wajib mengeluarkan zakat, maka orang tersebut berhutang kepada Allah SWT.

Zakat Fitrah
     Zakat fitrah terkait dengan bulan puasa Ramadhan, tidak terdapat di luar Ramadhan. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan jiwa. Ketentuan mampu dalam kaitannya dengan zakat fitrah adalah minimal seseorang punya makanan cukup untuk dirinya dan keluarganya pada malam lebaran dan pagi di hari lebaran. Namun, apabila ia tidak mempunyai kemampuan untuk makan di malam sebelum lebaran dan pagi di hari lebaran untuk dirinya maupun keluarganya, maka ia tidak wajib fitrah melainkan berhak mendapatkan zakat fitrah.

Zakat Maal
     Zakat maal terkait dengan harta kekayaan yang dimiliki oleh seseorang yang sudah mencapai batas nishab dan haul (mal yang mepersyaratkan genap setahun, seperti: emas, ternak, perdagangan). Dari sisi tujuan, zakat maal untuk membersihkan harta. Ketentuan nishab dari masing-masing zakat maal itu sendiri pun berbeda-beda, tergantung jenis zakatnya, misal: zakat ternak kambing (syarat bisa dikeluarkan bila sudah berjumlah 40-120 ekor, maka besar zakatnya seekor kambing 2 tahun atau domba 1 tahun) dan seterusnya. Sedangkan untuk zakat ternak kerbau/ sapi 30-39 ekor maka zakatnya 1 ekor sapi jantan/ betina tabi' (berumur 1 tahun masuk tahun kedua), 60-69 ekor  maka zakatnya 2 ekor sapi jantan/ sapi betina tabi'. 

     Begitupun zakat-zakat lain, seperti perdagangan,pertanian dan lain sebagainya, masing-masing punya ketentuan sendiri-sendiri berapa batas nishab dan berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan.

     Satu hal, apapun itu zakat yang ingin dikeluarkan, hendaklah dilakukan dengan ikhlas, agar menjadi ladang pahala berlipat ganda.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

Lokasi Syuting

Jl. Manggis Dalam II Blok Manggis No.37, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630