Skip to main content

4 Tips Atasi Kendala dalam Menulis


4 Tips Atasi Kendala dalam Menulis
Image: pixabay.com

          Dunia literasi bukanlah hal yang baru, telah banyak penulis yang lahir setiap harinya, entah itu penulis status, penulis buku bahkan beberapa media online lainnya. Menulis merupakan suatu pekerjaan mulia jika digunakan ke hal positif, namun tidak sedikit pula yang mengacu kepada hal negatif. Na'udzubillah. Semoga saja bukan kita salah satunya.

          Menjadi penulis tidaklah mudah. Mengapa saya katakan demikian? Ya, kalau hanya menjadi penulis status hoax itu sih gampang, namun ingat DOSA. Berbeda dengan penulis artikel, review atau lain sebagainya, tentunya harus mengumpulkan data akurat, mensurvey langsung jika perlu. Dari pengalaman saya, berikut ada beberapa tips mengatasi kendala dalam menulis:
  • Membuat daftar.
Yakni membuat daftar pada jam-jam berapa badan dan mata lebih segar. Sebab, badan dan mata dengan kondisi yang segar tentunya akan membuat ide timbul sehingga membuat semangat untuk mengembangkan ide tersebut.
  • Berwisata.
Dengan berwisata akan membuat pikiran refresh dan tentunya membuat ide mengalir begitu saja, sehingga berwisata cocok untuk mengembangkan tulisan. Di sini kita perlu membawa buku catatan khusus untuk menulis apa saja yang ingin ditulis.
  • Cape? Tidur.
Mungkin sebagian diantara kita ada yang terlalu memaksakan diri dalam menulis, ketika kantuk menyerang kita tetap saja memaksakan diri untuk menyelesaikan tulisan. Hal tersebut SALAH, sebab ketika mata mengantuk, kerja otak mulai menurun sehingga tulisan pun akan  ngelantur jika dipaksakan.
  • Mencari referensi sebanyak-banyaknya.
Jika ingin menjadi penulis maka jadilah pembaca, sebab menulis tanpa membaca ibarat pensil yang tumpul. Menjadi penulis dituntut untuk sering-sering membaca, karena membaca merupakan nutrisinya seorang penulis.

          Demikian beberapa tips yang dapat saya jabarkan. Jika ada masukan silakan share di kolom komentar agar pembaca lainnya juga mendapat ilmu, sebab ilmu semakin dibagi akan semakin bertambah.

Comments

  1. Kalau sudah mentok menulis bisa juga cari diinternet ya jaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga karena ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari internet

      Delete
  2. Makasih banyaaak tipsnyaa, lagi kena writers' block iniii. Hikss rasanya susah mengumpulkan semangat buat ngeblog lagi. Daftar panjang udah disusun, tp mood buat nulisnya yang tidak kunjung terkumpul :" oiya, salam kenaal yaaaa :D

    ReplyDelete
  3. Kalau saya lebih memilih berwisata kalau lagi gak mood untuk nulis

    ReplyDelete
  4. kalau saya biasanya kalau ada ide langsung ditulis judulnya dulu. anggap sebagai tabungan ide jadi kalau nanti sudah mood nulis bisa langsung eksekusi

    ReplyDelete
  5. Setuju kak, aku pun kalo udah mentok nulis, ya alihkan dengan jalan-jalan sama tidur hihihi :)

    ReplyDelete
  6. wah saya paling setuju kalo urusan berwisatanya hehe

    ReplyDelete
  7. kalo saya turing mas....biar fresh, trus ide2 baru akan muncul seiring pengalaman di sepanjang perjalanan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar. Saya akan sempatkan berkomentar balik sebagai bentuk menyambung tali silaturahmi.

Popular posts from this blog

Kategori Menjadi Pria Idaman

Di dalam kehidupan, baik pria maupun wanita tentunya menginginkan sesuatu hal yang lebih, entah itu lebih ganteng dari David Bechkam, lebih cantik dari Merlin Mondro atau bahkan ingin punya kelebihan-kelebihan lainnya. Namun, sedikit sekali yang menyadari bahwa yang membuat seseorang itu terlihat lebih (apalagi seorang pria di mata seorang wanita) adalah bagaimana ia memperlakukan seseorang dengan baik.
          Bagi sebagian wanita, pria idaman itu adalah yang memiliki wajah ganteng, motor/ mobil mentereng, harta setinggi genteng dan masih banyak lainnya. Siapa sih yang bisa menolak? Tentunya menjadi incaran. Namun, yang paling bikin beken, jika wajahnya udah ganteng, harta dan popularitasnya keren, eeeh ibadahnya kuat men. Terus, pekerjaan istri dibantu tanpa rasa malu, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang selalu memuliakan istrinya.
         Yang ingin mencoba menjadi pria idaman atau suami idaman, berikut tipsnya: Bantu pekerjaan istri meskipun sekedar bersih-bersih ataupu…

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Semangat Berwirausaha, Bekerjasama dengan TM Agung Podomoro

Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga, sebab semakin lama kebutuhan akan terus meningkat. Namun, untuk memulai berwirausaha bukanlah suatu persoalan yang gampang, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan, diantaranya: modal yang memadai, lokasi yang strategis dan harga sewa kios yang terjangkau. Namun, pada kenyataannya, ketiga faktor tersebut terkadang salah satunya tidak memenuhi kriteria, semisalnya modal sudah tersedia, dan sewa kios juga terjangkau namun terkendala dengan lokasi yang tidak strategis, atau mungkin mendapatkan lokasi strategis namun harga sewa kios selangit.
  Karena keinginan saya untuk berwirausaha begitu besar, namun masih bingung mencari lokasi yang strategis dan dengan harga sesuai budget, saya kemudian searching ke beberapa website, akhirnya saya menemukan lokasi yang diinginkan. Demi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, saya pun kemudian melakukan observasi ke lokasi tujuan, T…