Skip to main content

Teknik Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Pic. Pixabay


“Kamu saja deh yang maju berpidato ke depan! Saya nggak PeDe!

Seperti itu lah kira-kira hal yang pernah saya alami saat duduk di bangku kuliah dulu. Ketika seorang dosen mempersilakan salah satu mahasiswa untuk tampil dan berpidato ke depan, dimana kami diminta untuk berpidato dengan berbahasa Inggris, dan saat itu kebetulan teman bersebelahan dengan saya yang ditunjuk untuk maju, tiba-tiba ia meminta saya yang maju lebih dulu. Saat ditanya kenapa, ia hanya menjawab belum siap, dan nggak PeDe jika tampil lebih dulu.

Pernahkah kita mengalami hal dimana ada rasa takut berbicara di depan umum? Yups, begitulah yang akan kita alami jika ada rasa ketidakpercayaan pada diri sendiri. Ada banyak kisah dimana ada segelintir orang yang berhasil menaklukkan rasa takut mereka saat berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum, seyogyanya bukan hanya pada pebisnis, akan tetapi saat berpidato pun seseorang dituntut dapat berbicara dengan terampil.

Apa itu Percaya Diri??
Menurut kamus, Percaya Diri didefinisikan sebagai kepercayaan yang kuat, rasa percaya atau kepastian, kepercayaan diri serta keberanian. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa percaya diri itu sebuah perbuatan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap diri sendiri.

Untuk dapat memperbaiki rasa percaya diri, hendaklah kita melatih cara berbicara serta meningkatkan pengetahuan tentang cara berpresentasi, seperti misalnya ketika berpidato. Keahlian berpidato merupakan sesuatu yang dipelajari. Belajar meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara di depan umum tidak ada bedanya dengan belajar bermain alat music atau berolahraga. Berikut ada beberapa hal untuk dapat memperbaiki kepercayaan diri.

1).  Percaya pada diri sendiri
            Pendengar tentu saja akan mempercayai Anda jika Anda menunjukkan kepercayaan diri serta nyaman di depan pendengar. Katakana pada diri sendiri bahwa Anda cukup baik untuk didengar dan menikmati saat para pendengar bertepuk tangan.

2)  Rencanakan dan lakukan persiapan awal yang baik.
            Penundaan adalah sang pembunuh. Pernah mendengar hal itu? Nah, untuk itulah hendaknya Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset sebelum menulis pidato. Kerjakan meskipun sedikit saja setiap hari, meskipun hanya mencatat beberapa hal. Melakukan persiapan pada menit terakhir akan membuat Anda menjadi stress, dan pidato tidak akan sebaik yang seharusnya.

3)  Berbagi kisah nyata yang dapat mengubah kehidupan orang lain.
            Berdayakan pendengar, stimulasi perubahan dalam pikiran mereka. Ceritakan kisah inspiratif yang dapat memotivasi orang lain/ pendengar Anda. Jika pendengar dapat menghubungkan perubahan pikiran mereka dengan Anekdot Anda, maka mereka tidak akan merasa sendiri dan barangkali membawa pulang strategi-strategi baru untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan mereka.

4)  Mengenali pesan-pesan utama Anda.
            Dari pidato yang akan Anda sampaikan, ide-ide apa yang ingin untuk diingat pendengar? Tulis dan ingatlah ide-ide tersebut. dari ide-ide itulah Anda dapat merangkai pesan-pesan utama yang dapat disampaikan kepada pendengar Anda.

5)  Berlatih di depan kolega atau teman.
            Ada baiknya Anda melakukan pelatihan yang lengkap dari awal hingga selesai. Latihan sangat penting dilakukan untuk kepercayaan diri Anda.  Jika tidak berlatih, maka pidato pun tidak akan maksimal, dan Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menemukan masalah-masalah yang tidak diduga sebelum hari penting itu.

6)  Berpengetahuan luas tentang peristiwa-peristiwa dunia dan membaca surat kabar setiap hari.
            Hal ini tentu saja agar dapat memperluas pengetahuan dan perbendaharaan kata. Seperti misalnya mengumpulkan artikel-artikel di surat kabar  sebagai sumber referensi.

Itulah beberapa hal yang dapat diterapkan agar dapat meningkatkan rasa percaya diri terutama saat berbicara di depan publik. Yang terpenting adalah kuasailah materi Anda sebaik mungkin. Anggap jika Anda adalah ahlinya. Akan tetapi, jika Anda tidak menguasai pokok permasalahan, jangan memberikan presentasi. Berbicalah dari hati.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

So Good Nugget Asam Manis Worli

Assalamu'alaikum. Tanpa terasa kita akan memasuki akhir bulan Ramadan. Semoga segala amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Aamiin.
Bicara soal Ramadan, baru-baru ini saya mencoba memasak untuk menu berbuka. Loh, laki kok masak? Emang istrinya kemana, Bang? Pasti bertanya-bertanya seperti itu. Ya kaaan? Wait, sebelum negative thinking, saya mau cerita dulu.
Jadi begini, menjelang akhir-akhir Ramadan Istri ngajakin belanja ke pasar. Biasalah ibu-ibu, kalau bukan belanja kue lebaran, ya paling belanja baju lebaran. Eh tapi, kayanya istri saya nggak beli baju lebaran deh, soalnya badannya mungil, jadi belinya baju mungilan, 😂. Ups ... Jangan marah ya sayang.
Nah, karena istri perginya agak sorean (tahulah ya macetnya jalan kaya apa?) udah jam 5 dia belum sampai di rumah, saat ditelpon katanya baru mau pulang karena tadi pada antrian. Eh lah dalah, udah kaya antrian di bank-bank saat pangkal bulan, tahu lah ya panjangnya antrian kaya apa. Akhirnya saya pun iseng buka kulkas (kas…