Skip to main content

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com

"Pasti susah ya cara menggantinya?" 

Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :)
1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai.
2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.

Ikuti terus langkah berikut ya:
1). Pertama-tama sobat masuk terlebih dulu ke panel Dashboard Blogger, lalu pilih menu Setelan/ Setting kemudian pilih Basic/ Dasar. Setelah itu pilih +Siapkan URL pihak ke tiga untuk Blog Anda.


2). Kemudian di klik maka akan muncul tampilan baru seperti gambar, lalu masukan nama domain baru yang sebelumnya sudah sobat beli. Seperti contoh berikut ini, dan jangan lupa sertakan www pada penulisan nama domainnya. (www.siaindo.com bukan siaindo.com).



3). Setelah sobat memasukan domain baru, klik simpan. Tunggulah beberapa saat nanti akan muncul tulisan “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 9”. Nah, sobat nggak  usah khawatir masalah tersebut. Sobat hanya perlu memperhatikan tulisan yang ada di bawahnya saja, dimana akan muncul dua kolom dan dua baris CNAME, yang nantinya akan sobat gunakan untuk Konfigurasi DNS domain (yang berada di dalam kotak). 



4). Setelah settingan di DNS Management selesai, sobat bisa menyimpan settingan pada poin nomor 3. Tunggu saja prosesnya beberapa saat, biasanya proses akan disimpan setelah 1 x 24 jam. Setelah proses tersebut bisa disimpan, sobat sudah bisa langsung ter-redirect ke domain sobat yang baru. Sehingga blog sobat sudah bisa diakses dengan domain tanpa embel-embel blogspot.com lagi.

Nah, mudah bukan? Jika sobat lakukan dengan teliti dan bertahap, yaa Allah pasti lancar jaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :). 

Comments

Popular posts from this blog

Semangat Berwirausaha, Bekerjasama dengan TM Agung Podomoro

Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga, sebab semakin lama kebutuhan akan terus meningkat. Namun, untuk memulai berwirausaha bukanlah suatu persoalan yang gampang, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan, diantaranya: modal yang memadai, lokasi yang strategis dan harga sewa kios yang terjangkau. Namun, pada kenyataannya, ketiga faktor tersebut terkadang salah satunya tidak memenuhi kriteria, semisalnya modal sudah tersedia, dan sewa kios juga terjangkau namun terkendala dengan lokasi yang tidak strategis, atau mungkin mendapatkan lokasi strategis namun harga sewa kios selangit.
  Karena keinginan saya untuk berwirausaha begitu besar, namun masih bingung mencari lokasi yang strategis dan dengan harga sesuai budget, saya kemudian searching ke beberapa website, akhirnya saya menemukan lokasi yang diinginkan. Demi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, saya pun kemudian melakukan observasi ke lokasi tujuan, T…

Lokasi Syuting

Jl. Manggis Dalam II Blok Manggis No.37, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630