Skip to main content

Kenali Gejala TBC dan Segera Obati.

Pic. Kemenkes RI

Adakah diantara Anda ataupun keluarga, yang mengalami TBC..? Jika ada, segeralah dibawa berobat!



Perlu diketahui bersama, jika TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis). Dan,  faktanya sebagian besar kuman TBC ini menyerang paru juga organ atau bagian tubuh lainnya seperti: tulang, kelenjar, kulit, dan lainnya.



TB dapat menyerang siapa saja, terutama usia produktif/ masih aktif bekerja (15-50 tahun) bahkan anak-anak.  Dan yang paling mengejutkan jika ternyata TB ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diobati.


Tentang Bakteri TB


Bakteri (kuman) TB ditularkan melalui udara apabila seorang pasien TB aktif batuk, tertawa, bersin ataupun menyanyi. Bakteri TB dapat bertahan di tempat tertutup yang gelap dan lembab, kuman bisa beberapa jam hingga 5 bulan.


Bakteri TB akan mati dalam beberapa jam bila di udara terbuka, apalagi bila terkena sinar ultraviolet matahari.

Gejala-gejala TBC


Perlu diketahui gejala-gejala TBC agar dapat segera diobati, sebab apabila dibiarkan akan berdampak negatif. Berikut beberapa gejala TBC:

1. Gejala utama yakni batuk (berdahak maupun tidak berdahak). 
2. Demam meriang.
3. Nyeri pada bagian dada.
4. Batuk berdahak dan dapat pula bercampur darah.
5. Nafsu makan menurun.
6. Berkeringat tanpa sebab.


Setelah kita mengenali gejala TBC, maka segeralah dibawa ke dokter untuk segera diobati. Mengapa? Sebab TBC yang disebabkan oleh kuman TB ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati segera. Pengobatan TBC sensitif obat dilakukan selama 6-8 bulan, yang terbagi ke dalam dua tahap, yakni:

1. Tahap awal (setiap hari 2-3 bulan).
2. Tahap lanjutan (3 kali seminggu selama 4-5 bulan).


Perlu untuk diketahui, jika pengobatan tidak tuntas dapat menyebabkan Resistensi, diantaranya:

a. Penyakit tidak sembuh dan tetap menularkan ke orang lain.
b. Penyakit bertambah parah dan bisa berakibat kematian.
c. Obat Anti TBC (OAT) biasa tidak dapat membunuh kuman, sehingga pasien tidak bisa disembuhkan.
d. Pengobatan lebih lama sekitar 2 tahun.
e. Biaya pengobatan mencapai 200 kali lipat.


Untuk itulah, dihimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih memperhatikan diri dan orang-orang di sekitar kita.




Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mencegah penularan TBC, diantaranya:

1. Jika seorang pasien TBC, maka minumlah OAT secara lengkap dan teratur hingga sembuh.
2. Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti: Menjemur alat tidur, makan makanan bergizi, olahraga teratur, tidak merokok dan masih banyak lagi.
3. Pasien TB hatuslah menutup mulut pada waktu bersin dan batuk.
4. Tidak membuang dahak di sembarang tempat.


Dan untuk itulah kita hendaknya menjaga etiket batuk, yakni: Gunakan masker, tutup hidung/ mulut dengan lengan, tutup hidung dan mulut dengan tisu ataupun saputangan, segera buang tisu yang sudah dipakai.

Kisah Inspiratif Mantan TBC
Ia bernama Edi Junaidi, seorang mantan Tuberkulosis. Ia dijauhi oleh orang-orang sekitarnya bahkan keluarga sendiri 😥, sehingga ia pun akhirnya frustasi. Sebab, merasa tak ada yang peduli terhadapnya. Padahal, seseorang yang sedang sakit sebetulnya butuh perhatian dan dukungan agar bisa sembuh. Berbagai tekanan ia dapat karena Tuberkulosis itu, namun karena keinginan kuatnya yang ingin sembuh akhirnya Pak Edi Junaidi berusaha untuk berobat. Syukurlah ada yang mau membantunya dalam mengobati penyakitnya itu. 

Ia sempat mengira jika Tuberkulosis tidak dapat disembuhkan, namun ternyata ia bisa sembuh setelah melalui tahap per tahap pengobatan. 



Dari kisah Pak Edi Junaidi dapat kita petik hikmahnya jika dan buat keluarga yang ternyata salah satu anggota keluarganya terkena suatu penyakit, hendaklah ia tidak dijauhi tapi justru bantu untuk segera diobati.

Mari bersama STOP TBC!

Comments

  1. Duhh serem yah TB itu,, Jangan sampe kena TB dech

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar. Saya akan sempatkan berkomentar balik sebagai bentuk menyambung tali silaturahmi.

Popular posts from this blog

Kategori Menjadi Pria Idaman

Di dalam kehidupan, baik pria maupun wanita tentunya menginginkan sesuatu hal yang lebih, entah itu lebih ganteng dari David Bechkam, lebih cantik dari Merlin Mondro atau bahkan ingin punya kelebihan-kelebihan lainnya. Namun, sedikit sekali yang menyadari bahwa yang membuat seseorang itu terlihat lebih (apalagi seorang pria di mata seorang wanita) adalah bagaimana ia memperlakukan seseorang dengan baik.
          Bagi sebagian wanita, pria idaman itu adalah yang memiliki wajah ganteng, motor/ mobil mentereng, harta setinggi genteng dan masih banyak lainnya. Siapa sih yang bisa menolak? Tentunya menjadi incaran. Namun, yang paling bikin beken, jika wajahnya udah ganteng, harta dan popularitasnya keren, eeeh ibadahnya kuat men. Terus, pekerjaan istri dibantu tanpa rasa malu, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang selalu memuliakan istrinya.
         Yang ingin mencoba menjadi pria idaman atau suami idaman, berikut tipsnya: Bantu pekerjaan istri meskipun sekedar bersih-bersih ataupu…

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Semangat Berwirausaha, Bekerjasama dengan TM Agung Podomoro

Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga, sebab semakin lama kebutuhan akan terus meningkat. Namun, untuk memulai berwirausaha bukanlah suatu persoalan yang gampang, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan, diantaranya: modal yang memadai, lokasi yang strategis dan harga sewa kios yang terjangkau. Namun, pada kenyataannya, ketiga faktor tersebut terkadang salah satunya tidak memenuhi kriteria, semisalnya modal sudah tersedia, dan sewa kios juga terjangkau namun terkendala dengan lokasi yang tidak strategis, atau mungkin mendapatkan lokasi strategis namun harga sewa kios selangit.
  Karena keinginan saya untuk berwirausaha begitu besar, namun masih bingung mencari lokasi yang strategis dan dengan harga sesuai budget, saya kemudian searching ke beberapa website, akhirnya saya menemukan lokasi yang diinginkan. Demi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, saya pun kemudian melakukan observasi ke lokasi tujuan, T…