Skip to main content

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

https://1.bp.blogspot.com/--ynLHeJu7-o/Wr-iCa6X-iI/AAAAAAAAOhY/kp84J3hgAusOqx0gUMqecrtLE62mpZ00QCLcBGAs/s1600/hype-box-baju-koko-pria-grey_5362676.jpg
Image:super.mataharimall(dot)com

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.

Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.

Baju koko tentunya memiliki jenis serat kain yang berbeda, ada yang berbahan Poliester, Rayon, Katun. Dan, tentu saja dengan cara perawatan yang berbeda pula (dapat disesuaikan dengan jenis bahan kain).
https://3.bp.blogspot.com/-1t_amvwyIb0/Wr-iskyZmpI/AAAAAAAAOhg/5GldYPDg3rAJfLjfbCiL-W81L3-Ax3O2gCLcBGAs/s1600/baju-koko_ad-ms-714a-mens-koko-short-sleeve---brown_4641559.jpg
Image:super.mataharimall(dot)com

Untuk teknik perawatan Baju koko modern, dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Baju Koko Modern berbahan Poliester.


Jenis Poliester adalah jenis bahan yang mudah kotor oleh noda berminyak. Sehingga bahan Polister ini perlu perawatan khusus dan dengan benar agar kondisi tetap bagus. Selain itu, gunakanlah detergen standar yang tidak terlalu keras untuk serat Poliester, sebab jika menggunakan detergen yang keras akan membuat warna memudar serta dapat merusak kualitas kain.

Pada proses pencucian, hendaklah dicuci secara manual, demi untuk menjaga kualitasnya. 

Untuk proses pengeringan, hendaklah dilakukan dengan cara diangin-anginkan hingga kering, sebab cara ini paling efektif untuk mencegah penyusutan atau kerusakan lain saat mengeringkan.

  • Baju Koko Modern berbahan Rayon.


Jenis Rayon merupakan jenis kain yang dibuat dari bahan selulosa alami sehingga sering disebut sebagai serat semi sintetik. Untuk proses perawatan, Baju koko modern berbahan Rayon ini hendaklah dicuci dengan menggunakan tangan dengan cara dikucek dengan lembut, sebab jika menggunakan mesin cuci dikhawatirkan dapat merusak serat kain. Sedangkan proses penjemuran, kain berbahan Rayon sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari secara langsung dan sebaiknya tidak digantung, sebab dapat menyebabkan baju menjadi melar.

Untuk tahap penyetrikaan, diusahakan tidak menggunakan suhu yang terlalu panas, sebab jika terlalu panas warna kain Rayon dapat berubah menjadi kekuningan.

  • Baju Koko Modern berbahan Katun.



Jenis Katun menjadi pilihan yang sesuai pada negara beriklim tropis seperti Indonesia. Untuk jenis ini, diperlukan perawatan ekstra, sebab jika salah merawatnya bisa-bisa Baju Koko tersebut tidak bertahan lama alias cepat rusak.

Untuk proses pencucian, ada baiknya dicuci menggunakan tangan. Akan tetapi, jika tetap ingin menggunakan mesin cuci, sebaiknya pisahkan katun dengan jenis bahan lainnya agar tidak merusak serat kain. Dan jemurlah dengan cara diangin-anginkan, jangan menjemur di bawah sinar matahari secara langsung sebab dapat memudarkan warna jika terus menerus dilakukan.
https://4.bp.blogspot.com/-X4MFhjYtXt8/Wr-i7tsh35I/AAAAAAAAOhk/3vgcYQHz2_cIhqAtOjiTLeMOp8dnEy_mgCLcBGAs/s1600/baju-koko_mgee-kemeja-koko-pria-motif-garis-kuning_5303006.jpg
Image:super.mataharimall(dot)com

Itulah beberapa cara teknik merawat Baju koko modern berdasarkan jenis bahan kain. Merawat Baju Koko Modern bukan hanya dilakukan oleh wanita, akan tetapi seorang pria juga dapat melakukan perawatan tersebut. Agar Baju Koko senantiasa terawat. Kalau teman-teman, bagaimana cara merawat Baju Koko Modernnya? Yuk berbagi tips di kolom komentar!

Comments

  1. Memang kenyataannya gak sembarangan kalau mencuci bahan2 tertentu baju. Bisa2 malah cepet rusak dan pudar warnanya kalau gak ngerti.
    Terima kasih infonya 👍

    ReplyDelete
  2. Duh saya biasa nyucinya pake mesin cuci, jarang ngucek sendiri. Btw thanks tipsnya

    ReplyDelete
  3. sebelum punya suami, jadi ngerawat baju koko punya ayah dulu lah yaa. makasih informasinya, sangat membantuuu

    ReplyDelete
  4. Selama ini baju koko si ayah dan adek langsung masuk mesin cuci gitu aja, ga pake perawatan. Kirain sama aja dengan baju biasa, ternyata salah ya.

    ReplyDelete
  5. Ternyata beda bahan, perawatan baju koko pun berbeda ya. Noted. Thanks for sharing kak.

    ReplyDelete
  6. Asal kita tahu jenis kain yang dijadikan bahan pembuatan baju koko maka kita dapat memilih perawatan yang cocok dan tentunya baju bisa tahan lama

    ReplyDelete
  7. Tipsnya keren nih dicoba. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  8. Saya nggak tahu deh abang dan ayah saya gimana cara merawat baju kokonya. Tips ini jadi rekomen nih.

    ReplyDelete
  9. Emang harus dicuci dengan baik ya.
    Supaya awet dan warn tdk mudah pudar

    Kindly visit my blog bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  10. Tulisan yang pas menjelang Ramadhan hahaha makasih infonya ya

    ReplyDelete
  11. Mantap nih tipsnya merawat baju koko. Wajib nih dimetahui para istrijuga para lelaki agar bajux ttp terawat

    ReplyDelete
  12. Baju koko pas banget buat ramadhan. Biasanya buat suami pakai harus bahan yang nyaman, biar solatnya ngk kepanasan. Iya memang kalau digiling di mesin cuci, jadi kusut dan tipis.

    ReplyDelete
  13. Wah, boleh-boleh nih tipsnya. Aku kadang salah merawatnya. Malah, ada koko suami yang bolong saat disetrika kepanasan. :(

    ReplyDelete
  14. Tips yang oke banget, bentar lagi lebaran pastuinya berguna.
    Apalagi baju koko zaman skrng bordirannya makin oke, gak sekadar kain polosan kyk zaman dulu. Bapak2 jg makin suka bergaya model bajunya hehe.

    ReplyDelete
  15. baju koko berbahan rayon paling susah di rawat. meskipun bahannya enak dan menyerap keringat, tetapi mudah ksuut. apalagi kalau pakai mesin cuci, duh..gampang rusak

    ReplyDelete
  16. Saya masih awam dengan mencuci berbagai jenis pakaian, postingan ini ngebantu banget, terimakasih ya sharingnya 😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar. Saya akan sempatkan berkomentar balik sebagai bentuk menyambung tali silaturahmi.

Popular posts from this blog

Kategori Menjadi Pria Idaman

Di dalam kehidupan, baik pria maupun wanita tentunya menginginkan sesuatu hal yang lebih, entah itu lebih ganteng dari David Bechkam, lebih cantik dari Merlin Mondro atau bahkan ingin punya kelebihan-kelebihan lainnya. Namun, sedikit sekali yang menyadari bahwa yang membuat seseorang itu terlihat lebih (apalagi seorang pria di mata seorang wanita) adalah bagaimana ia memperlakukan seseorang dengan baik.
          Bagi sebagian wanita, pria idaman itu adalah yang memiliki wajah ganteng, motor/ mobil mentereng, harta setinggi genteng dan masih banyak lainnya. Siapa sih yang bisa menolak? Tentunya menjadi incaran. Namun, yang paling bikin beken, jika wajahnya udah ganteng, harta dan popularitasnya keren, eeeh ibadahnya kuat men. Terus, pekerjaan istri dibantu tanpa rasa malu, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang selalu memuliakan istrinya.
         Yang ingin mencoba menjadi pria idaman atau suami idaman, berikut tipsnya: Bantu pekerjaan istri meskipun sekedar bersih-bersih ataupu…

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Semangat Berwirausaha, Bekerjasama dengan TM Agung Podomoro

Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga, sebab semakin lama kebutuhan akan terus meningkat. Namun, untuk memulai berwirausaha bukanlah suatu persoalan yang gampang, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan, diantaranya: modal yang memadai, lokasi yang strategis dan harga sewa kios yang terjangkau. Namun, pada kenyataannya, ketiga faktor tersebut terkadang salah satunya tidak memenuhi kriteria, semisalnya modal sudah tersedia, dan sewa kios juga terjangkau namun terkendala dengan lokasi yang tidak strategis, atau mungkin mendapatkan lokasi strategis namun harga sewa kios selangit.
  Karena keinginan saya untuk berwirausaha begitu besar, namun masih bingung mencari lokasi yang strategis dan dengan harga sesuai budget, saya kemudian searching ke beberapa website, akhirnya saya menemukan lokasi yang diinginkan. Demi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, saya pun kemudian melakukan observasi ke lokasi tujuan, T…