Skip to main content

Pentingnya Imunisasi pada Anak

Pentingnya Imunisasi Pada Anak.

Sudahkah anak anda imunisasi secara lengkap...?

     Perlu diketahui imunisasi sangat penting bagi anak, baik baru lahir maupun sampai 18 tahun, sebab imunisasi dapat mencegah dari berbagai penyakit, apalagi sekarang cuacanya tidak bagus, kadang hujan dan panas sehingga dapat menimbul penyakit.


     Bayi harus dilindungi karena sangat rentan dari berbagai penyakit sebab si kecil belum terbentuk sistim kekebalan tubuh yang kuat. Adanya imunisasi berarti anda melindung anak Anda dari penyakit.
 Imunisasi merupakan vaksin yang suntikkan ke si bayi akan membantu sistim kekebalan tubuh membentukan anak untuk anti body dan berfungsi melawan virus dan bakteri di dalam tubuh anak, jadi anak dapat terhindar terhadapi penyakit.




     Lebih jauh dari itu imunisasi dapat menyelamatkan hidup anak anda p.pada zaman dahulu banyak anak terkena penyakit polio sehingga banyak anak yang meninggal dunia. Adanya kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mengatasi penyakit apapun termasuk juga dengan polio. sehingga anak dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya.





Beberapa Fakta mengenai Imunisasi

  • Imunisasi  mencegah penyakit, kecacatan dan kematian dari penyakit. 

     Hal ini diantaranya termasuk tuberkulosis, Hetapatitis B, defri, perusis ( whooping cough,batuk rejan), tetanus, polio, campak, pneumonia, gondongan, diare akibat rotavirus, rubella, dan kaker serviks.

  • Imuisasi sekarang ini dapat diperkirakan mencegah 2 hinga 3 juta kematian setiap tahunnya.

     Tambahan 1,5 juta kematian dapat di cegah apabila cakupan imunisasi global meningkat.

  • Selama 2016, diperkiraan 116,5 juta (sekitar 86%) Anak-anak di bawah usia 1 tahun di seluruh dunia menerima 3 dosis vaksin difteri-tetanus-pertusis(DTP3). 

     Anak-anak ini terlindungi dari penyakit menular yang dapat menyebab penyakit serius atau kecacatan dan akibat fatal.

  • Sekitar 19.5 juta bayi di dunia masih melewatkan imunisasi dasar. 

     Sekitar 60℅ anak-anak ini tinggal di 10 negara: Angola, Brazil, Republik Demokratik Kango, Ethiopia, Indonesia, Iraq, Nigeria, Pakistan dan Afrika Selatan

  • Cakupan imunisasi global telah stagnan di 86% tanpa adanya perubahan signifikan selama beberapa tahun terakhir
  • Terdapat peningkatan penggunaan vaksin baru dan vaksin yang kurang dimanfaatka.




Cakupan Imunisasi Global

     Ringkasan cakupan imunisasi global 2016 sebagai berikut:

  • Hoemophilus Influenza tipe B (Hib) 

     Dapat menyebab meningitis dan pneumonia. Vaksin Hib diperkirakan mencapai 70. Terdapat variasi cukupan yang jauh antar daerah. Pada negara angota WHO regio Amerika, Cakupan di perkirakan mencapai 90%, sedangkan pada regio Pasifik Barat hanya mencapai 28%. Sedangkan WHO regio Asia Tenggara telah berhasil meningkat angka cakupam dari 56% pada tahun 2015 menjadi 80% pada tahun 2016.

  • Hepatitis B 

     Adalah infeksi virus yang menyerang hati. Vaksin Hepatitis B untuk bayi yang telah diperkenalkan di seluruh dunia secara luas di 186 negara pada akhir tahun 2016. Cakupan global 3 dosis vaksin hepatitis B diperkirakan mencapai 84% hingga 92% di regio Pasifik Barat.

  • Human papillomavirus 

     Adalah infeksi virus yang paling sering menyerang traktus reproduksi dan dapat menyebab kanker servik, atau kanker lainnya, dan kutil kelamin pada anak laki-laki maupun perempuan. Vaksin HPV diperkenalkan di 74 negara pada akhir 2016

  • Tetanus 

     Disebabkan oleh bakteri yang tumbuh tanpa adanya oksigen Contohnya pada luka kotor atau pada tali pusat apabila tidak dijaga kebersihannya. Spora kuman C tetani ada di lingkungan terlepas dimanapun lokasi geografisnya. Bakteri ini menghasilkan racun yang dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian.

  • Polio 

     Merupaka infeksi virus yang menular dan dapat menyebabkan kelumpuhan (paralisis) permanen.

  • Campak 

     Merupakan penyamit yang sangat menular yang di sebabkan oleh virus campak, umumnya menyebabkan demam tinggi dan ruam, serta dapat berujung kebutaan, ensefalitis, dan kematian.

  • Mumps/Gondongan
     Merupakan virus sangat menular yang menyebabkan pembengkakan disertai nyeri di sisi wajah dibawah telinga (kelejar parotis), demam, sakit kepala dan nyeri otot.

  • Rotavirus 

     Adalah penyebab paling umum penyakit diare berat pada anak-anak di seluruh dunia

  • Rubella

     Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan biasanya berdampak ringan pada anak, namun infeksi yang mengenai wanita hamil pada trimester awal kehamilan dapat menyebabkan kematian bayi atau sindrom rubella kongenital, yang dapat menyebabkan cacat otak, jantung, mata dan telinga.


Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Lokasi Syuting

Jl. Manggis Dalam II Blok Manggis No.37, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630