www.siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran.

Video, Lagu Terbaru pergi Mudik


Saat sekarang ini, makin banyak yang membicarakan tentang liburan mudik. Bagi teman-teman yang mempunyai keluarga, kerabat dan tentangga, ada baiknya untuk memberikan nasehat agar mudik bisa keadaan selamat, aman dan sehat. Jangan  seperti yang pernah terjadi ditahun lalu, yang mana ada banyak kejadian kecelakaan. Dan, ternyata faktor dari terjadinya kecelakaan yang memakan korban, disebabkan dari kelalaian pengemudi dan faktor lainnya.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Meskipun secara umum, kecelakaan mengalami penurunan dari tahun 2016 ke 2017. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri jika setiap tahunnya akan ada korban kecelakaan.

Ngabuburit Bersama Mentri Kesehatan dan Komunitas.

Sore sekitar pukul 15.30 saya beserta teman blogger dan tim media menghadiri undangan dengan tema "Mudik sehat, Aman dan Selamat" yang bertempat di Terminal Kampung Rambutan. Dimana acara tersebut selain dihadiri oleh ibu Mentri Kesehatan RI Prof. DR. Dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) juga dihadiri oleh pengemudi serta calon penumpang yang akan siap berangkat mudik.

Komitmen Pemerintah saat ini adalah tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum, maka Kementerian kesehatan menyiapkan pos kesehatan di terminal angkutan umum dan di daerah rawan kecelakaan.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran


Bagi Anda yang ingin agar mudiknya tetap selamat, sehat dan aman hingga ke tujuan, tentunya tidak bisa lepas dari berbagai persiapan-persiapan, baik itu persiapan kendaraan, pakaian, serta segala macam.yang dianggap perlu.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran


Momen silahturahmi bersama keluarga  tentunya tidak akan tergantikan meski telah ada beragam alat komunikasi yang semakin canggih. Seperti misalnya menanyakan kabar melalui handphone. Tentu saja rasa kebersamaan itu terasa apabila anggota keluarga berkumpul.

Mudik, sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, sehingga orang-orang rela antri, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri. Keselamatan menjadi prioritas utama yang menjadi tanggung jawab seorang pengemudi, pada kesempatannya tersebut Ibu Mentri Kesehatan RI menyampaikan beberapa pesan yang wajib diketahui untuk pengemudi, diantaranya adalah :

15 Pesan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat yang ditujukan kepada pemudik, pengemudi dan masyarakat umum: 

  • Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik; 
  • Periksa kondisi kelayakan kendaraan;
  • Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi; 
  • Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam; 
  • Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk;
  • Disiplin dan patuh rambu lalu lintas;
  • Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk;
  • Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak; 
  • Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara; 
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal; 
  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan; 
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat; 
  • Buanglah sampah pada tempatnya; 
  • Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan
  • Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.  


Untuk itu, mari kita saling mengajak seluruh keluarga serta masyarakat untuk bersama Pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini dengan bersama-sama memperhatikan keselamatan masing-masing, baik tua dan muda.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Jika sudah sampai di kota mudik tujuan, dan merayakan hari raya idul fitri, saya juga menghimbau agar tetap menjaga konsumsi makanan selama hari raya, seperti:

  • Membatasi konsumsi Gula, Garam, dan Lemak.
  • Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya 
  • Pastikan sayur dan buah tetap ada di dalam hidangan lebaran 
  • Dan tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. 


Pada intinya kalimat di atas menjelaskan mengenai persiapan apa saja yang harus kita lakukan, serta apa saja yang perlu kita hindarkan selama Hari Raya agar senantiasa sehat dan selamat di perjalanan.
Video

Untuk itu, sebelum berangkat pulang kampung ada baiknya selalu cek keadaan kendaraan, fisik, dan fokus jangan mikir yang ngaur, agar tidak terjadi kecelakaan. Selain itu, jangan lupa berdoa, semoga dengan doa kita bersama insya Allah selamat  dalam lindungan Allah, kapanpun dan dimanapun kita berada.

Semoga ulasan ini bermanfaat. Dan saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Selamat mudik, tetap sehat dan selamat sampai di tujuan dan selamat berkumpul bersama keluaga. Salam Sehat “Sehat dimulai dari Saya”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siap - siap Rusuh di Bioskop Karena Film Temen Kondangan

Menabung Untung di Sobatku

Asah Skill Barbahasa Inggris Bersama TBI