Skip to main content

www.siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran.

Video, Lagu Terbaru pergi Mudik


Saat sekarang ini, makin banyak yang membicarakan tentang liburan mudik. Bagi teman-teman yang mempunyai keluarga, kerabat dan tentangga, ada baiknya untuk memberikan nasehat agar mudik bisa keadaan selamat, aman dan sehat. Jangan  seperti yang pernah terjadi ditahun lalu, yang mana ada banyak kejadian kecelakaan. Dan, ternyata faktor dari terjadinya kecelakaan yang memakan korban, disebabkan dari kelalaian pengemudi dan faktor lainnya.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Meskipun secara umum, kecelakaan mengalami penurunan dari tahun 2016 ke 2017. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri jika setiap tahunnya akan ada korban kecelakaan.

Ngabuburit Bersama Mentri Kesehatan dan Komunitas.

Sore sekitar pukul 15.30 saya beserta teman blogger dan tim media menghadiri undangan dengan tema "Mudik sehat, Aman dan Selamat" yang bertempat di Terminal Kampung Rambutan. Dimana acara tersebut selain dihadiri oleh ibu Mentri Kesehatan RI Prof. DR. Dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) juga dihadiri oleh pengemudi serta calon penumpang yang akan siap berangkat mudik.

Komitmen Pemerintah saat ini adalah tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum, maka Kementerian kesehatan menyiapkan pos kesehatan di terminal angkutan umum dan di daerah rawan kecelakaan.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran


Bagi Anda yang ingin agar mudiknya tetap selamat, sehat dan aman hingga ke tujuan, tentunya tidak bisa lepas dari berbagai persiapan-persiapan, baik itu persiapan kendaraan, pakaian, serta segala macam.yang dianggap perlu.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran


Momen silahturahmi bersama keluarga  tentunya tidak akan tergantikan meski telah ada beragam alat komunikasi yang semakin canggih. Seperti misalnya menanyakan kabar melalui handphone. Tentu saja rasa kebersamaan itu terasa apabila anggota keluarga berkumpul.

Mudik, sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, sehingga orang-orang rela antri, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri. Keselamatan menjadi prioritas utama yang menjadi tanggung jawab seorang pengemudi, pada kesempatannya tersebut Ibu Mentri Kesehatan RI menyampaikan beberapa pesan yang wajib diketahui untuk pengemudi, diantaranya adalah :

15 Pesan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat yang ditujukan kepada pemudik, pengemudi dan masyarakat umum: 

  • Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik; 
  • Periksa kondisi kelayakan kendaraan;
  • Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi; 
  • Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam; 
  • Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk;
  • Disiplin dan patuh rambu lalu lintas;
  • Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk;
  • Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak; 
  • Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara; 
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal; 
  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan; 
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat; 
  • Buanglah sampah pada tempatnya; 
  • Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan
  • Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.  


Untuk itu, mari kita saling mengajak seluruh keluarga serta masyarakat untuk bersama Pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini dengan bersama-sama memperhatikan keselamatan masing-masing, baik tua dan muda.

Siaindo.com , Beberapa tips agar selamat pulang mudik lebaran

Jika sudah sampai di kota mudik tujuan, dan merayakan hari raya idul fitri, saya juga menghimbau agar tetap menjaga konsumsi makanan selama hari raya, seperti:

  • Membatasi konsumsi Gula, Garam, dan Lemak.
  • Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya 
  • Pastikan sayur dan buah tetap ada di dalam hidangan lebaran 
  • Dan tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. 


Pada intinya kalimat di atas menjelaskan mengenai persiapan apa saja yang harus kita lakukan, serta apa saja yang perlu kita hindarkan selama Hari Raya agar senantiasa sehat dan selamat di perjalanan.
Video

Untuk itu, sebelum berangkat pulang kampung ada baiknya selalu cek keadaan kendaraan, fisik, dan fokus jangan mikir yang ngaur, agar tidak terjadi kecelakaan. Selain itu, jangan lupa berdoa, semoga dengan doa kita bersama insya Allah selamat  dalam lindungan Allah, kapanpun dan dimanapun kita berada.

Semoga ulasan ini bermanfaat. Dan saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Selamat mudik, tetap sehat dan selamat sampai di tujuan dan selamat berkumpul bersama keluaga. Salam Sehat “Sehat dimulai dari Saya”

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

So Good Nugget Asam Manis Worli

Assalamu'alaikum. Tanpa terasa kita akan memasuki akhir bulan Ramadan. Semoga segala amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Aamiin.
Bicara soal Ramadan, baru-baru ini saya mencoba memasak untuk menu berbuka. Loh, laki kok masak? Emang istrinya kemana, Bang? Pasti bertanya-bertanya seperti itu. Ya kaaan? Wait, sebelum negative thinking, saya mau cerita dulu.
Jadi begini, menjelang akhir-akhir Ramadan Istri ngajakin belanja ke pasar. Biasalah ibu-ibu, kalau bukan belanja kue lebaran, ya paling belanja baju lebaran. Eh tapi, kayanya istri saya nggak beli baju lebaran deh, soalnya badannya mungil, jadi belinya baju mungilan, 😂. Ups ... Jangan marah ya sayang.
Nah, karena istri perginya agak sorean (tahulah ya macetnya jalan kaya apa?) udah jam 5 dia belum sampai di rumah, saat ditelpon katanya baru mau pulang karena tadi pada antrian. Eh lah dalah, udah kaya antrian di bank-bank saat pangkal bulan, tahu lah ya panjangnya antrian kaya apa. Akhirnya saya pun iseng buka kulkas (kas…