Skip to main content

5 Sektor Keunggulan industri 4.0

5 Sektor Keunggulan industri 4.0 




Saya dapat undangan untuk menghadiri acara kementrian perindustrian Hari Kamis, 26 Juli 2018, pukul 08.00 di Ruang Rajawali Gedung Kementerian Perindustrian, Jl Jendral Gatot Subroto kav. 52-53. Ada beberapa ulasan yang saya dapatkan mengikuti acara kementrian perindustrian dan saya dapat juga sebuah artikel sebagai tambah info yang lebih luas, di dalam artikel majalah tersebut, yang berjudul Media industri, industrilisasi menuju kehidupan yang lebih baik, Siap Terapkan Industri 4.0. ( Airlangga Hartanto.) 
Saya melihat sekilas artiket tapi tertarik untuk membaca dengan tujuan menerapakan indonesia kedepannya bisa maju.
INDUSTRI PERCONTOHAN Sebagai roadmap, Making Indonesia 4.0 akan memberi kan arah yang jelas bagi pengem bangan industri nasional di masa depan, terutama pada lima sektor manufaktur yang dijadikan percontohan.

 5 Sektor Keunggulan industri 4.0 yakni

  • industri makanan dan minuman.
  •  indus tri tekstil dan pakaian.
  • industri otomotif.
  • industri kimia, serta.
  • industri elektonika. 
Sektor ini dipilih berdasarkan evaluasi dampak ekonomi dan kriteria kelayakan implementasi yang mencakup ukuran PDB, perdagangan, potensi dampak terhadap industri lain, besaran investasi, dan kecepatan penetrasi pasar untuk Penyusunan peta jalan tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, asosiasi industri, pelaku usaha, penyedia teknologi, maupun lembaga riset dan pendidikan.
Majalah siap terapkan industri 4.0 Ada beberapa hal yang perlu di bahas tentang 5 Sektor keunggulan Industri, contohnya Industri Makanan sebagai Industri kesayangan Indonesia, karena bisa menjual produk ke negara lain dalam jumlah banyak, kualitasnya tidak kalah dengan negara lain, dan bisa membuat banyak orang mendapat pekerjaan.

Industri Makanan bisa bikin hal-hal hebat untuk negara kita, misalnya: 

  • Mendatangkan banyak modal melalui investasi.
  • Membuat banyak orang mendapat pekerjaan
  • Makin banyak orang yang bisa berjualan produk olahan makanan.
  • Daerah-daerah di Indonesia bisa lebih sejahtera.
Nilai ekspor Industri Makanan di Indonesia pada tahun 2017 jumlahnya 49,60 miliar dollar, sedangkan impornya hanya senilai 14 miliar dollar. Wow! Ini berarti, orang-orang di luar negeri lebih banyak yang membutuhkan dan menyukai produk makanan dari kita. Sedangkan kita, punya banyak jenis produk makanan di negeri sendiri, jadi nggak perlu tuh beli banyak dari luar negeri Investasi di Indonesia untuk Industri Makanan jumlahnya banyak sekali! Dari dalam negeri, uang yang dijadikan modal untuk industri makanan mencapai Rp 31 Miliar (tahun 2017). Sedangkan, dari luar negeri, jumlah investasinya mencapai 1.545,47 USD atau sekitar Rp 22 Miliar. Di negara kita, ada sekitar 1.041.266 orang bekerja untuk industri makanan. Mereka bisa jadi keluarga Dan orang terdekat Kita Ada 8.507 unit usaha yang mengolah produk makanan menjadi jajanan enak yang bisa kita nikmati sekarang. Mereka terdiri dari perusahaan besar dan kecil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cara pemerintah agar Industri Makanan tetap ‘Sehat’ 

  • Keringanan Pajak (Tax holiday & Tax allowance) 
  • Memberikan bantuan peralatan, mesin, promosi di dalam dan luar negeri 
  • Memberi pelatihan desain, teknologi dan keterampilan baru pegawai di perusahaan
  • Peraturan dan standardisasi agar kualitas produk Indonesia nggak kalah dengan negara lain
Menurut dari Artikel SIAP TERAP INDUSTRI 4.0 (Airlangga)
Sesuai saran Presiden, lanjut Menperin, pihaknya melakukan diskusi dan pendekatan dengan negara-negara yang menjadi mitra utama Indonesia, seperti Jepang, Singapura dan China untuk masukan konstruktif. Secara khusus, kami juga mengikuti kegiatan internasional seperti World Economic Forum Mereka semua menyambut positif inisiatif ini, bahkan meminta Indonesia berbicara di World Economic Forum ASEAN akhir tahun ini," ungkapnya. Dengan partisipasi aktif dari seluruh pihak, Menperin optimis simplementasi Industri 4.0 di indonesia. atau Making Indonesia 4.0 akan berjalanan sukses dan sesuai dengan sasaran.
Disamping itu kami dapat juga visit ke PT Mayora Salah satu saham terbesar di indonesia dengan jumlah angka yang tertinggi, dan baik anggota kementrian dan anggota media sosial untuk meninjau langsung ke lokasi pembuatan biskuit,

Video


ternyata cara kerja mesin yang aktif sehingga PT Mayora memiliki 2 robot dengan gerakan cepat, dan kami sempat di edukasi salah satu karyawan PT Mayora menjelaskan sistim kerja dan tempat olahan biskuit. Dengan Kenyataanya PT Mayora begitu banyak produk-produk hasil inovasi Perseroan tersebut



Di Indonesia, Perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing.





Hingga saat ini, Perseroan tetap konsisten pada kegiatan utamanya, yaitu dibidang pengolahan makanan dan minuman. Sesuai dengan tujuannya, Perseroan bertekad akan terus menerus berupaya meningkatkan segala cara dan upaya untuk mencapai hasil yang terbaik bagi kepentingan seluruh pekerja, mitra usaha, pemegang saham, dan para konsumennya.





Struktur Organisasi PerseroPerseroan dikelola oleh Dewan Direksi, dibawah pengawasan Dewan Komisaris yang anggotanya diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

So Good Nugget Asam Manis Worli

Assalamu'alaikum. Tanpa terasa kita akan memasuki akhir bulan Ramadan. Semoga segala amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Aamiin.
Bicara soal Ramadan, baru-baru ini saya mencoba memasak untuk menu berbuka. Loh, laki kok masak? Emang istrinya kemana, Bang? Pasti bertanya-bertanya seperti itu. Ya kaaan? Wait, sebelum negative thinking, saya mau cerita dulu.
Jadi begini, menjelang akhir-akhir Ramadan Istri ngajakin belanja ke pasar. Biasalah ibu-ibu, kalau bukan belanja kue lebaran, ya paling belanja baju lebaran. Eh tapi, kayanya istri saya nggak beli baju lebaran deh, soalnya badannya mungil, jadi belinya baju mungilan, 😂. Ups ... Jangan marah ya sayang.
Nah, karena istri perginya agak sorean (tahulah ya macetnya jalan kaya apa?) udah jam 5 dia belum sampai di rumah, saat ditelpon katanya baru mau pulang karena tadi pada antrian. Eh lah dalah, udah kaya antrian di bank-bank saat pangkal bulan, tahu lah ya panjangnya antrian kaya apa. Akhirnya saya pun iseng buka kulkas (kas…