Skip to main content

Keseruan Festival Pesona Al-Mizan


Siapa nih yang suka berdakwah? Tapi, tahu nggak sih jika berdakwah itu memiliki caranya sendiri yang tentunya agar dapat diterima masyarakat luas. Dakwah tidak mesti harus dilakukan di hadapan banyak orang, tidak harus dengan panggung serta berlatar belakang kalimat-kalimat dari kitab suci. Pun tidak melulu diisi dengan rangkaian acara yang dari dulu hingga sekarang konsepnya begitu-begitu saja. Dengan mengusung konsep Islam “Rohmatan Lil Alamin”, pondok pesantren Al Mizan berhasil menciptakan festival musik, yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Gagasan tentang dakwah melalui seni ini tidak bisa dilepaskan dari pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan, yaitu KH Maman Imanulhaq Faqih. 



Perlu diketahui, jika Festival ini sebenarnya terinspirasi dari strategi dakwah yang dilakukan oleh beliau melalui grup gamelan sholawat Ki Buyut. Jika melalui Ki Buyut, ia berdakwah dengan iman yang terbuka, maka di festival ini kita sebagai penonton akan menemukan berbagai keragaman yang bergerak dan membaur secara dinamis dan aktif. Sudah satu dekade lebih, Kiai Maman berdakwah menggunakan syair. 

Syair dan syiar menjadi satu kegiatan yang terdiri dua kata. Melalui syair-syair Ki Buyut, kita bisa mendengarkan dan memahami syiar-syiar keagamaan yang mengajak menuju kebaikan. Sebenarnya, sejak tahun kemarin, pemerintah Republik Indonesia, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Al Mizan Sufi Festival. Tahun ini, melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah sekali lagi menunjukkan dukungan terhadap penyelenggaraan festival musik sufi tersebut, dengan memasukkan festival ini ke dalam 100 Wonderful Events Indonesia. Menurut rencana, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 September 2018. 


 Festival musik yang diselenggarakan di Ponpes Al Mizan ini nantinya akan menampilkan berbagai aliran musik sufi. Selain itu, juga akan ditampilkan ekspresi seni dari lintas iman, yang tentunya akan memperkaya pengetahuan kita terhadap ekspresi religius dari berbagai tradisi. Bagi kamu yang ingin menghadiri pagelaran ini, tak usah takut atau ragu jika bakal tersesat. Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, tidak sulit untuk mencapai Majalengka menggunakan perjalanan darat. Semua jalur jalan dari Jakarta, Bandung, atau kota-kota lain sudah tersedia. Dan keberadaaan Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka tentunya akan mempermudah kalian yang berasal dari luar Pulau Jawa untuk berpartisipasi dalam festival ini.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

So Good Nugget Asam Manis Worli

Assalamu'alaikum. Tanpa terasa kita akan memasuki akhir bulan Ramadan. Semoga segala amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Aamiin.
Bicara soal Ramadan, baru-baru ini saya mencoba memasak untuk menu berbuka. Loh, laki kok masak? Emang istrinya kemana, Bang? Pasti bertanya-bertanya seperti itu. Ya kaaan? Wait, sebelum negative thinking, saya mau cerita dulu.
Jadi begini, menjelang akhir-akhir Ramadan Istri ngajakin belanja ke pasar. Biasalah ibu-ibu, kalau bukan belanja kue lebaran, ya paling belanja baju lebaran. Eh tapi, kayanya istri saya nggak beli baju lebaran deh, soalnya badannya mungil, jadi belinya baju mungilan, 😂. Ups ... Jangan marah ya sayang.
Nah, karena istri perginya agak sorean (tahulah ya macetnya jalan kaya apa?) udah jam 5 dia belum sampai di rumah, saat ditelpon katanya baru mau pulang karena tadi pada antrian. Eh lah dalah, udah kaya antrian di bank-bank saat pangkal bulan, tahu lah ya panjangnya antrian kaya apa. Akhirnya saya pun iseng buka kulkas (kas…