Skip to main content

Keseruan Festival Pesona Al-Mizan


Siapa nih yang suka berdakwah? Tapi, tahu nggak sih jika berdakwah itu memiliki caranya sendiri yang tentunya agar dapat diterima masyarakat luas. Dakwah tidak mesti harus dilakukan di hadapan banyak orang, tidak harus dengan panggung serta berlatar belakang kalimat-kalimat dari kitab suci. Pun tidak melulu diisi dengan rangkaian acara yang dari dulu hingga sekarang konsepnya begitu-begitu saja. Dengan mengusung konsep Islam “Rohmatan Lil Alamin”, pondok pesantren Al Mizan berhasil menciptakan festival musik, yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Gagasan tentang dakwah melalui seni ini tidak bisa dilepaskan dari pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan, yaitu KH Maman Imanulhaq Faqih. 



Perlu diketahui, jika Festival ini sebenarnya terinspirasi dari strategi dakwah yang dilakukan oleh beliau melalui grup gamelan sholawat Ki Buyut. Jika melalui Ki Buyut, ia berdakwah dengan iman yang terbuka, maka di festival ini kita sebagai penonton akan menemukan berbagai keragaman yang bergerak dan membaur secara dinamis dan aktif. Sudah satu dekade lebih, Kiai Maman berdakwah menggunakan syair. 

Syair dan syiar menjadi satu kegiatan yang terdiri dua kata. Melalui syair-syair Ki Buyut, kita bisa mendengarkan dan memahami syiar-syiar keagamaan yang mengajak menuju kebaikan. Sebenarnya, sejak tahun kemarin, pemerintah Republik Indonesia, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Al Mizan Sufi Festival. Tahun ini, melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah sekali lagi menunjukkan dukungan terhadap penyelenggaraan festival musik sufi tersebut, dengan memasukkan festival ini ke dalam 100 Wonderful Events Indonesia. Menurut rencana, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 September 2018. 


 Festival musik yang diselenggarakan di Ponpes Al Mizan ini nantinya akan menampilkan berbagai aliran musik sufi. Selain itu, juga akan ditampilkan ekspresi seni dari lintas iman, yang tentunya akan memperkaya pengetahuan kita terhadap ekspresi religius dari berbagai tradisi. Bagi kamu yang ingin menghadiri pagelaran ini, tak usah takut atau ragu jika bakal tersesat. Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, tidak sulit untuk mencapai Majalengka menggunakan perjalanan darat. Semua jalur jalan dari Jakarta, Bandung, atau kota-kota lain sudah tersedia. Dan keberadaaan Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka tentunya akan mempermudah kalian yang berasal dari luar Pulau Jawa untuk berpartisipasi dalam festival ini.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Tutorial Mengubah Domain Pribadi

Setelah beberapa bulan lalu, tepatnya hampir satu tahun, kali ini saya baru sempat posting mengenai cara mengubah domain blogspot menjadi domain sendiri, atau lebih dikenal dengan domain berbayar. Mengapa berbayar? Sebab domain ini tentunya saya beli dari penyedia domain, dimana dulunya domain saya berakhiran "blogspot.com" sekarang hanya menjadi "com". Istilahnya lebih mudah untuk diingat dan lebih singkat. Jika sebelumnya nama domain saya www.siaindo.blogspot.com sekarang sudah menjadi www.siaindo.com
"Pasti susah ya cara menggantinya?" 
Oh tentu saja tidak. Yang penting ikuti langkahnya step by step ya :) 1). Terlebih dulu beli domain yang ingin kita gunakan, tentu saja belinya di penyedia domain. Seperti penyedia domain di sini. Atau sobat bisa beli di penyedia domain lainnya yang sobat sukai. 2). Setelah mendapatkan domain yang diinginkan dan domain tersebut telah aktif, maka langkah selanjutnya kita ganti domain blogspot tadi ke domain baru.
Ikuti terus …

Lokasi Syuting

Jl. Manggis Dalam II Blok Manggis No.37, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630