Dukung ODHA Untuk Bisa Sembuh

Mengikuti hari AIDS sedunia dan pemerintah kita sangat peduli dengan masyarakat agar tidak panik dan selalu berusaha untuk mengobati penyakit tersebut.



Ternyata ada beberapa para pemateri yang hadir di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Cipinang Jakarta Timur, Jl. Raya Bekasi Timur No. 170A, Jatinegara, Jakarta Timur
Dalam rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2018, Direktur PML dan kalapas narkotika cipinang  akan berbincang seputar kegiatan "Acara Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2018", yang dilaksanakan pada : Hari senin Tanggal 17 Desember 2018. dan kalau  Hari AIDS 1 Desember.
Ternyata mengikuti acara ini bagi saya sangatlah penting, sehingga saya sempat vlog, dan video parapemateri



Penyakit HIV/AIDS memang jenis penyakit berbahaya, masih menjadi pembunuh nomor satu manusia. Oleh sebab itu perlu diwaspadai bersama. Orang-orang dengan penderita sakit ini atau ODHA,  singkatan dari Orang Dengan HIV/AIDS, biasanya harus menerima perlakuan tidak adil dalam masyarakat. Kerapkali dikucilkan di kehidupan sosialnya.

Memilukan memang! Akan tetapi begitulah fakta yang terjadi pada masyarakat kita. Berbagai pandangan dan rumor miring tentang penyakit tersebut, ibarat kutukan yang sangat sukar dihilangkan. Hingga tak jarang menimbulkan rasa keputus-asaan tersendiri di hati ODHA. Sudah merasakan sakit, masih menghadapi penolakan dari orang-orang sekitar dirinya. Bisa dibayangkan bukan perasaan mereka?

Padahal sebagai manusia tak seharusnya berlaku demikian. Karena orang yang menjauhi belum tentu dirinya lebih baik dari orang orang yang dianggap buruk. Hanya tersebab rasa takut tertulari, kemudian frontal  menghakimi orang lain.

Jika kebetulan menimpa orang-orang yang Anda sayangi, perhatian dan rasa sayang Anda sangat dibutuhkan mereka. Sebab bisa mengembalikan rasa percaya diri dan kebahagiaannya. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang sudah divonis positif bisa sembuh total, karena perlakuan baik dari orang-orang di sekitar dirinya, selain secara rutin melakukan perawatan tentang kesehatannya.

Berikut adalah penanganan yang bisa dilakukan oleh orang terdekat mereka kepada dirinya!

  1. Memberi perhatian penuh, dukungan cinta, kasih sayang dan rasa hormat
  2. Menyediakan makanan dan minuman yang bergizi
  3. Menghibur hatinya kala sedang down, marah, sedih, putus asa dan kecewa
  4. Membantunya terus melakukan  perawatan secara intensif


Dan jika cemas Anda terjangkiti di bawah ini adalah trik untuk menghindarinya!

  1.  Berhubungan seks hanya dengan pasangan yang sah
  2. Memupuk perasaan cinta dan kasih sayang terhadap pasangan
  3. Hindari kontak melalui darah, cairan vagina, cairan semen dan ASI dari penderita HIV
  4. Lindungi tubuh Anda saat harus membersihkan darah ODHA yang keluar secara tidak sengaja

Yang sebenarnya terjadi, virus HIV tidak menular hanya dengan melakukan kontak  fisik, seperti bersalaman ataupun berpelukan. Termasuk duduk berdampingan secara bersama-sama. Jadi tak perlu berlebihan berlebih, dan dijauhi.

Bila dikalkulasi mengenai usia, kemungkinan besar sudah bisa tertebak dengan jelas. Bukan bermaksud hendak mengabaikan kuasa Tuhan. Namun rata-rata orang dengan HIV atau ODHA ini jatah umurnya pendek, tidak bertahan lama. Sudah sepantasnya diperhatikan.

Sebagai mahkluk yang paling mulia, semestinya tetap memperlakukan mereka secara baik dan hormat. Sebab garis manusia tidak ada yang tahu bukan?  Nah, sesuai tema peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh setiap tahun pada tanggal 1 Desember, merangkul dan terus menemaninya pada saat sulit patut dilakukan. Dukunglah untuk bisa sembuh, sehingga tetap ada bersama kita menikmati indahnya dunia!

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

So Good Nugget Asam Manis Worli

Honor 10 Lite Smartpone Idaman