Skip to main content

Millenials yang sukses menjadi entrepreneur


Halo Millenials, siapa nih yang merasa sulit saat ingin menjalani berbisnis? Hampir semuanya ya! Nah, info yang akan saya share berikut semoga bermanfaat dan membangkitkan spirit kalian untuk memulai bisnis sesegera mungkin.

Pada tanggal 24 Januari, sy bersama teman-my friends Blogger perwakilan dari komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) telah menghadiri acara yang diselenggerakan oleh MoneySmart yang berlokasi di Rumah Kembang Kencur - Jakarta Selatan tidak jauh di pasar minggu .

Menghadirkan dengan tiga orang narasumber keren yang sudah malang melintang dan telah sukses dengan masing-masing mereka ternyata, brandnya di dunia bisnis, diantaranya:

  1. Yasa Singgih # Founder Men's Republic.
  2. haykal Kamil # Actor & Founder of Kal's Kalpora dan 
  3. Michael Chrisyanto # Founder of Eatlah

apa yang anda pikir tidak mudah untuk memulai bisnis, terlebih jika ingin memulai belum ketemu yang pas untuk berbisnis. Untuk membangun bisnis itu sendiri, seseorag tentunya perlu kerja keras, fokus, tentukan konsep dalam diri anda, dan pintar memilih usaha yang tahan lama, tidak asal mengikuti trend yang lagi hype. Sebab, apabila itu dilakukan, masa bisa dipastikan jika bisnis yang dibangun tersebut tidak bakalan bertahan lama. Apalagi jika bisnis yang kita bangun tersebut nggak punya ciri khas, siap-siap saja bakalan tergerus.

Selain itu, di dalam dunia bisnis, kita juga dituntut agar lebih pandai mencari solusi. Terlebih, jika usaha yang dibangun tersebut terbilang besar, sebab semakin besar usaha orang tersebut, maka semakin besar pula hal-hal yang harus disiapkan.

Dari ketiga pemateri saya banyak belajar, jika semua usaha yang bertumbuh dengan cepat itu baik. Dan, tentu saja untuk memulai berbisnis haruslah perlu modal. Akan tetapi, akan lebih baik jika dimulai aja dulu dan jangan kebanyakan mikir.

Terkadang, millenials masih berpikir dua hingga kali untuk memulai bisnis mereka, padahal akan lebih baik jika menggunakan waktu sebaik mungkin untuk membangun bisnis sekarang. Sebab, waktu tidak akan bisa kembali lagi. Makin lama seseorang memulai, dipastikan akan semakin lama keberhasilan itu datang.

Saatnya Memulai

Untuk sukses dalam dunia bisnis, yang paling utama sekali adalah menemukan kelebihan diri kita sendiri, kemudian menemukan orang yang tepat sebagai mitra kerja, serta yang dapat mengatasi keuangan, sehingga bisnis yang akan dijalankan tersebut dapat berjalan lancar.

Menurut Haykal Kamil, memulai bisnis dapat dengan memanfaatkan media sosial yang ada, sebab media sosial bisa menjadi solusi dari permasalahan sulitnya mencari pekerjaan. Namun, kebanyakan millenials menggunakan media sosial hanya sebatas untuk alay-alay saja, menggunakan media sosial dengan tidak bijak. 



“Zaman sekarang kan susah buat cari kerja, jadi solusi dari permasalahan itu ya berwirausaha," ucap Haykal Kamil. 

Kebanyakan orang berpikir ingin membuka usaha akan tetapi mereka tidak memiliki rencana yang matang dalam memulai dan membangun usahanya tersebut. 

Haykal Kamil memulai bisnis sejak dirinya duduk di bangku SMA, berbekal pengalaman masa SMA itulah, aktor dari salah satu film ini kemudian menggeluti bisnis baju untuk konser. Apakah Haykal langsung sukses? Tentu saja tidak! Bahkan ia juga sempat mengalami jatuh bangun di bisnisnya, hingga akhirnya dia berkutat di fashion muslim bersama kakak dan adik-adiknya.

Malam ini ada beberapa pemateri Lain Haykal, lain pula dengan Yasa Singgih, Founder dari brand Men’s di kenal Republic. Pada acara sharing.

Yasa tidak hanya membagikan cerita bisnis dan berbagai tantangannya, namun ia juga membagikan tips kerem bagi milenial yang punya keinginan untuk mendirikan bisnis dan sukses seperti dirinya, yakni:

Keberanian

Seseorang yang ingin membangun bisnis, tentu saja harus berani, berani ambil keputusan, berani dengan ambil risiko dan keberanian linnya. 
“Untuk memulai bisnis kuncinya cuma keberanian."

Pengetahuan.

Jika ingin memulai bisnis  tentu saja seseorang harus memiliki pengetahuan, terutama pengetahuan soal bisnis yang akan digeluti. Karena, jika tidak memiliki pengetahuan, maka bisa jadi bisnis yang digeluti  tersebut hanya akan bisa bertahan seumur jagung saja. Tentu sangat disayangkan, bukan? 

Modal Usaha

Ketika ingin membangun bisnis tentunya yang paling diperlukan adalah modal. Yasa tidak memungkiri jika modal menjadi salah satu pondasi penting dalam membangun bisnisnya. Namun, soal modal bisa diatasi jika seseorang tersebut memiliki networking


Micheal

Eatlah dengan menu andalannya adalah Salted Egg Chicken Rice.


Eatlah sendiri adalah suatu makanan yang inspirasinya didapat waktu kita dulu sekolah di Singapura. Jadi gimana caranya salted egg chicken rice, menu utama kita ini bisa balik ke Indonesia, biar orang Indonesia bisa cobain.


Setelah itu, akhirnya kita bawa ke sini, coba di-develop resepnya. Mungkin prosesnya itu selama 8 bulan, dan itu pakai tes dulu ke keluarga, teman-teman atau segala macam, baru dari sanalah kita berani untuk menjual dan menyewa tempat kecil di pasar PIK. Tempat ini luasnya paling cuma 4x3 meter persegi, di situ kita bawa dapur.

Dengan modal seminim mungkin, kita mulai jualan dan dimasukin ke Go-Food.


Untuk pertamanya, kita masih mengikuti konsep awal yaitu mencoba sebisa mungkin, si Eatlah ini di-delivery. Kita enggak butuh space yang besar, yang penting cukup untuk memasak, setelah itu gimana caranya makanan ini bisa sampai ke tangan customer,


menurut aku, strategi kita selama ini “cobain deh makanan kita, kalau kamu coba dan suka, kamu pasti balik.” Dari situlah di mana setiap kita opening outlet, selalu membagikan free mungkin 100 (porsi) per outlet.

Jadi jangan takut untuk membuang marketing budget, karena itu bukan kasih-kasih for free yang enggak akan balik lagi. Itu akan balik ke kita dalam bentuk sales.

Jadi cobain aja, kalau memang benar enak dan you will give us a good review. Jadi win-win solution. Mereka dapat makanan, kita dapat review bagus kalau mereka memang suka. Lebih ke kayak gitu sih kalau sama influencer.

Kalau bisa mulai bisnis itu jangan start dengan modal yang banyak, menurut aku seperti itu sih. Karena banyak anak zaman sekarang yang mungkin cukup uangnya dan mereka memulai bisnis misal membuat restoran atau coffee shop yang besar.


Comments

  1. It is not my first time to visit this web site, i
    am visiting this web page dailly and obtain good information from here daily.

    ReplyDelete
  2. I haven't checked in here for some tme since I thought it
    was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I
    will add you back to my everyday bloglist. You deserve it friend :)

    ReplyDelete
  3. This is a topic that is near to my heart... Best wishes!
    Whede are your contact details though?

    ReplyDelete
  4. Wow, supperb weblog format! How lengthy have you been blogging for?
    you made running a bloog look easy. The overall glance
    off your web site is fantastic, as well as the content![X-N-E-W-L-I-N-S-P-I-N-X]I just couldn't leave your site before suggesting that I extremely loved
    the standard info an individual provide in your guests?
    Is going to be again frequently to check up on new posts.

    ReplyDelete
  5. The very next time I read a blog, Hopefully iit doesn't disappoint me just as much
    as this one. I mean, Yes, it was my choice to read, hoowever I genuinely believced you would have something interesting to talk about.
    All I hear is a bunch of whining about something you could possiboy
    fix if you weren't too busy looking for attention.

    ReplyDelete
  6. Wonderful post! We are linkinjg to this particularly geat
    post on ouur website. Keep up the golod writing.

    ReplyDelete
  7. Hi, Neat post. There's an issue with your web site in web explorer, would check this...
    IE still is the market chief and a big section of other people will miss your great writing due to this problem.

    ReplyDelete
  8. hey there and thank you for your ifo ? I?ve definitely picked up
    something new from right here. I didd however expertise several technical issues using this site, as I experienced to reload the website lots
    of timss previous to I could get it too load correctly.

    I hadd been wondering if your hostinng is OK? Not that I'm complaining,
    but sluggish loading instances times will sometimes affect your placement in google
    and could damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Well I am adding this RSS to my email and can look out for
    much more of your respective interesting content.
    Ensure that you update this again soon..

    ReplyDelete
  9. Hi, i thijk that i saw you visited my web site
    thus i cwme too ?go back the want?.I am trying
    to to fiind things to improve myy web site!I suppose its ok to mke uuse of a feew of
    youir ideas!!

    ReplyDelete
  10. This is a grewat tip particularly to those fresh to the blogosphere.
    Smple but very accurate info... Thank you for sharing thbis one.
    A muat read post!

    ReplyDelete
  11. Thanks for sharing superb informations. Your
    web site is very cool. I'm impressed by the details that you have on this website.
    It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will
    come back for more articles. You, my pal, ROCK!
    I found simply the info I aleady searched everywhere and simply couldn't
    cme across. What a great website.

    ReplyDelete
  12. Woh I like your articles, saved to bookmarks!

    ReplyDelete
  13. I am so happy to read this. This is the kind of manual that needs to be
    given and not the random misinformation that is at the other blogs.
    Appreciate your sharing this best doc.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Baju koko modern. Sebagaimana yang kita ketahui jika baju koko biasanya identik dengan pakaian yang digunakan hanya di saat momen-momen tertentu, seperti misalnya untuk keperluan ibadah. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Baju koko juga banyak dicari sebagai pelengkap gaya penampilan pria sehari-hari. Untuk jenis modelnya pun,  baju koko modern memiliki banyak pilihan yang beragam, dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: baju koko lengan pendek, baju koko polos, baju koko berlengan panjang, baju koko bermotif hingga yang bordir.
Sebagai pria beristri, tentu saja pakaian seperti baju koko akan dicuci oleh istri, akan tetapi ada saatnya kita harus turun tangan sendiri mencuci baju koko yang kita pakai, hal tersebut bisa jadi dikarenakan istri sedang sangat sibuk mengurus anak dan rumah, tentu saja pada kejadian tersebut kita sebagai suami harus ikut turun tangan membantu meringankan dengan membantu mencuci pakaian misalnya.
Baju koko tentunya memi…

Menabung Untung di Sobatku

Nabung dapat untung? Hmmm ... untungnya gimana? Paling sama saja seperti nabung-nabung biasa? Oh, No! Menabung yang satu ini bisa bikin kita untung, selain untung karena uang kita aman di tabungan, kita juga mendapat kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah yang hadiahnya bahkan berangkat Umroh. Menabung untung itu bernama SOBATKU.
Tentang SobatkuSobatku merupakan sebuah aplikasi tabungan online yang diluncurkan pada tangga 13 Juli 2017 lalu, yang didukung sepenuhnya dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan merupakan bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah demi seluruh masyarakat untuk dapat menabung serta menikmati seluruh layanan keuangan. Selain itu, Sobatku juga telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia dengan dikeluarkannya Ijin Transfer Dana yang dilakukan oleh Sobatku.
Tidak hanya itu, Sobatku sebuah aplikasi tabungan yang mana kita memiliki nomor rekening dari nomor handphone kita sendiri, sehingga mudah diingat ketika…

So Good Nugget Asam Manis Worli

Assalamu'alaikum. Tanpa terasa kita akan memasuki akhir bulan Ramadan. Semoga segala amal ibadah kita selama ini diterima Allah SWT. Aamiin.
Bicara soal Ramadan, baru-baru ini saya mencoba memasak untuk menu berbuka. Loh, laki kok masak? Emang istrinya kemana, Bang? Pasti bertanya-bertanya seperti itu. Ya kaaan? Wait, sebelum negative thinking, saya mau cerita dulu.
Jadi begini, menjelang akhir-akhir Ramadan Istri ngajakin belanja ke pasar. Biasalah ibu-ibu, kalau bukan belanja kue lebaran, ya paling belanja baju lebaran. Eh tapi, kayanya istri saya nggak beli baju lebaran deh, soalnya badannya mungil, jadi belinya baju mungilan, 😂. Ups ... Jangan marah ya sayang.
Nah, karena istri perginya agak sorean (tahulah ya macetnya jalan kaya apa?) udah jam 5 dia belum sampai di rumah, saat ditelpon katanya baru mau pulang karena tadi pada antrian. Eh lah dalah, udah kaya antrian di bank-bank saat pangkal bulan, tahu lah ya panjangnya antrian kaya apa. Akhirnya saya pun iseng buka kulkas (kas…