Sunday, October 6, 2019

Mari Kita Wakaf Di Dompet Dhuafa



Selamat dunia akhirat  adalah dambaan semua umat muslim  di dunia ini. Dan kebaikan untuk membantu kaum yang sangat membutuhkan, agar yang memiliki  harta di dunia sesungguhnya dapat menjadi jalan meraih ampunan Allah.


Di sangat pentingnya wakaf  Allah SWT bersabda di dalam  QS Ali Imron:92, “Kamu tidak akan memperoleh  kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta,  yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan tentang  hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui”





Hal yang mengenai wakaf tidak selalu berwujud lahan maupun barang, kini kita bisa mewakafkan uang melalui program  Dompet Dhuafa. Tentunya Dana yang dihimpun selanjutnya akan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat yang benar membutuhkan termasuk  juga, ikut menggerakkan roda perekonomian, menjadi kekuatan dalam mengatasi krisis pangan, pendidikan, kesehatan.


Petingnya kita wakaf, merupakan ibadah, baik saya menjelaskan arti Wakaf  adalah amalan yang tak hanya mendatangkan manfaat bagi yang mewakafkan  namun bagi si penerima wakaf. Saat kita mewakafkan uang kita, mewujudkan gaya hidup hasanah yaitu menyebarkan kebaikan kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat, ini hal yang luar biasa, istilahnya berlomba-lomba dalam kebaikan. 


Melakukan kebaikan yang bermanfaat akan  terus lahir seiring pahala yang juga  terus mengalir, Inilah yang disebut dengan manfaat wakaf uang kita dapat menjadi jalan selamat dunia akhirat / jalan lurus menuju ridho Allah. Layaknya “harta” yang dibawa mati.


Kita tidak perlu  harus menabung lama  ngumpulin sampai banyak hingga  memiliki tanah atau properti.  Sekarang berapapun uang yang kita  miliki, cukup 10 ribu aja berwakaf jadi  lebih mudah. Bisa dikirim lewat Dompet Dhuafa, sekarang mengikut kemajuan zaman untuk bewakaf bisa lewat hp aja.




Nah,, Pada tanggal 2 Oktober 2019, Saya meliput ke kantor Dompet dhuafa di area zona Madina di bogor acara Wake Up, Wakaf, bersama Blogger  Meet Up , Wakaf Produktif sharing Session & Visit Zona Madina. 


Bersama beberapa rekan saya yaitu dari grup atau komunitas kurang lebih 52 blogger. 
Di sana beberapa sering oleh narasumber Dompet Dhuafa 


  •  Yuli Pujihardi Dir. Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa & Dir. Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa 


Yang perlu kita ketahui ada aset wakaf produktif juga sudah berdiri dan bergerak melayani masyarakat dhuafa. Ada Rumah Sakit, Sekolah, Kebun dan Masjid. Aset wakaf tersebut dikelola secara produktif, surplus wakafnya digunakan untuk mauquf alaihi atau penerima manfaat program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial umum Dompet Dhuafa.






Aku makin banyak dapat ilmu baru dong tentang wakaf ini, seneng, rasanya kaya sedang berada di bangku kuliah lagi. Misal tentang peruntukan wakaf nih, aku jadi makin ngerti
Ada beberapa point wakaf

  • Wakaf publik, yang diperuntukkan buat masyarakat luas
  • Wakaf privat ( keluarga ) biasanya
  • wakafnya diperuntukkan buat keluarga
  • Wakaf Musytarak yaitu gabungan antara wakaf publik dan privat
Aspek waktu
  • Wakaf selamanya, seperti wakaf daam bentuk tanah
  • Wakaf sementara, yaitu wakaf yang pemanfaatannya dibatasi, disesuaikan dengan keinginan pewakaf atau dibatasi umur harta
Aspek pemanfaatan

  • Wakaf langung seperti masjid, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya
  • Wakaf investasi, dimana harta wakaf diupayakan mendatangkan surplus, nah surplus itulah yang dimanfaatkan sesuai dengan sasaran wakafnya


Dompet Dhuafa' tidak bisa lepas dari 4 pilar program wakaf yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya. Melalui 4 pilar itulah dana wakaf dikelola dengan produktif.








No comments:

Post a Comment

Point Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Youtuber

Youtube merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dan digandrungi seluruh dunia. Media satu ini memungkinkan penggunanya unt...