Mudahnya Cetak KTP dengan Mesin ADM


Kalau dulu, mesti melalui proses panjang dan kita mesti mengantri berlama-lama hanya demi membuat KTP, sekarang tidak perlu lagi kita mengalami hal seperti itu. Sebab, pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan layanan publik agar semakin berkualitas, dan salah satunya pada layanan administasi kependudukan yang kian diperbaiki.

Informasi buat kalian yang ingin membuat KTP, jika saat ini pencetakan dokumen kependudukan dilakukan Kemendagri dengan memanfaatkan teknologi informasi, yakni dengan meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang pastinya akan sangat membantu warga dalam proses mencetak KTP, sehingga drama antrian panjang tidak perlu dialami lagi. 

Sekilas Mengenai Dukcapil Go Digital

Tanpa disadari, era digital makin memudahkan kita dalam segala hal, termasuk dalam proses membuat KTP. Jika dulu mesti lama menunggu prosesnya hingga berjam-jam, dengan adanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), hal seperti itu tentu saja tidak akan dirasakan lagi. Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang telah dilaunching ini, tentunya akan sangat membantu, sebab mesin ini tidak hanya dapat membuat KTP saja, akan tetapi juga dapat membuat Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akta Kematian.


Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, jika dengan adanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri tentu saja warga bisa mencetak sendiri KTP hanya dalam hitungan dua menit saja. Namun, meskipun hanya dua menit, ada baiknya jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan data-data yang diperlukan.

Dengan dilaunchingnya mesin ADM, selama ini yang menjadi kendala dalam membuat KTP ataupun KK dan lainnya, akan mengurangi potensi adanya pungutan liar alias pungli. Menariknya, data kita tersebut tetap aman, karena memiliki pengamanan NIK (Nomor Induk Kependudukan), PIN serta QR Code.

Pada kesempatannya, Pak I Gede Suratha selaku Sesditjen Dukcapil Kemendagri turut memaparkan bahwa "Akan ada dua PIN yang bisa diperoleh dari aplikasi yang dikirim lewat sms, sedangkan kode QR akan dikirim melalui email. Nah, PIN berfungsi untuk masuk ke mesin ADM!"


Bagaimana, Sangat mudah, bukan? Mesin-mesin ADM tersebut rencananya akan disebar di ruang-ruang publik yang ditempatkan pada lokasi yang strategis seperi Mall, Pasar, Perkantoran, Stasiun, Terminal, Bandara hingga di tempat-tempat strategis lainnya. Beruntung sekali, di era digital seperti sekarang ini kita semakin diberi kemudahan.

Mari, buat KTP dengan aman dan hanya dalam waktu dua menit saja!

Comments

Popular posts from this blog

Honor 10 Lite Smartpone Idaman

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern