Ciri Air Sumur yang Baik Untuk Keperluan Sehari-hari


mencuci dengan air sumur


Air merupakan salah satu elemen utama di Bumi yang menjadi bagian tidak terpisahkan bagi seluruh manusia. Makhluk hidup tidak dapat hidup jika tanpa ada air, sehingga air sangat dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup. Air dalam tubuh manusia sangat berfungsi untuk mengisi cairan dalam tubuh, tentunya dengan meminum air secara rutin. Selain untuk penghilang rasa haus, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan, diantaranya yakni memasak bahkan mencuci dengan air sumur hingga kebutuhan lainnya yang membutuhkan air.


Perlu diketahui, jika kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Itulah perlunya kita lebih teliti sebelum menggunakan air, sebab air yang layak digunakan ada beberapa kriterianya, meski air sumur sekalipun. 


mencuci dengan air sumur

mencuci dengan air sumur



Untuk mengetahui air sumur yang bersih aman untuk digunakan


✓ Jernih

Yang paling utama yang diperhatikan kejernihan air, jika anda melihat air tampak keruh tentu air tersebut telah terkontaminasi lumpur maka tidak bagus untuk digunakan.


✓ Tidak berwarna

Jika anda mengetahui air sumur yang berwarna baik itu kuning,hijau, kondisi air tersebut tidak bagus, baik digunakan mencuci maupun untuk air minum


✓ Rasanya tawar

Perlu anda ketahui air sumur tampak jernih dan tidak berwarna, pastikan terlebih dahulu mencicipi rasanya sedikit, jika air yang baik biasanya akan terasa tawar.


Ada juga rasanya aneh tidak ada rasa tawarnya, walaupun air sumur kelihatan jernih dan tidak berwarna, air tersebut dapat dipastikan  telah tercemar unsur polutan dan berbahaya untuk di gunakan.


✓ Derajat keasaman (pH) netral

Perlunya kita cek  tingkat keasaman (pH). Air sumur yang baik dan aman digunakan harus memiliki pH netral, yaitu antara 6,8 hingga 7,2 untuk bak penampungan kecil, serta 6,5 hingga 7,5 untuk bak penampungan besar.


Untuk mengetahui air yang baik pastikan air sumur di rumah Anda memiliki pH netral sebelum digunakan.

Air sumur dengan tingkat keasaman yang terlampau tinggi atau rendah berisiko memberi dampak buruk pada kesehatan.


✓ Bebas zat kimia berbahaya

Pencemaran bahan kimia kerap terjadi pada sumber air sumur, terutama sumur tua dan tidak terurus sampah plastik atau pembuangan kaleng tempat kimia dll.


Air sumur akan tidak baik jika  tercemar bahan kimia, seperti arsenik, timah, merkuri, dan amonia . Air sumur sangat berbahaya jika digunakan manusia. Agar dapat memastikan air sumur di rumah bebas bahan kimia berbahaya, gunakanlah water test kit yang mudah ditemui di pasaran atau di market lainnya.


✓ Tingkat kesedahan rendah

Pastikan juga mengetahui kesedahan air sumur yang baik, air sumur yang baik tingkat kesedahan rendah.


Kesedahan terdapat tingkat kandungan logam berat tertentu, seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), mangan (Mn), atau besi (Fe) pada air.


✓ Tidak mengandung bakteri berbahaya

Air sumur perlu kita cek secara teliti apakah air sumur tercemar dengan bakteri,  kondisi seperti air seperti ini jangan dianggap sepele akan berakibat timbulnya bermacam penyakit baik itu seperti diare, tifus, Hepatitis dan kolera di karena adanya bakteri E.coli yang kerap mencemari air 


mencuci dengan air sumur


Biasanya bakteri E.coli disebabkan oleh sumber air tanah yang terlalu dekat dengan saluran pembuangan kotoran atau septic tank.


Nahh perlunya kita mengetahui air sumur apakah baik digunakan pastikan kita sudah tau indikator air sumur tersebut


Jika terdapat air sumur tidak sehat sangat dianjurkan menggunakan air (PAM) baik untuk minum, mencuci, mandi atau keperluan memasak, air PAM tentu kualitas airnya terjamin sehat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proteksi Diri dengan FWD Cancer Protection

House Kari Ala Jepang Membuat Masakan Kari Makin Enak

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern