Pentingnya masyarakat mengetahui dampak perubahan iklim

Perlunya kita mengetahui tentang perubahan iklim dengan adanya perubahan  iklim akan berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat. Karena kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem dan lainnya.

Perubahan iklim


Di samping itu menurunnya Kualitas Air.

Saya pernah mengingat fenomena perubahan iklim hujan tapi tidak deras dan

Terlalu tingginya curah hujan akan mengakibatkan menurunnya kualitas sumber air. Selain itu, kenaikan suhu juga mengakibatkan kadar klorin pada air bersih. Dan tentu akan Berkurangnya Kuantitas Air karena pemanasan global akan meningkatkan jumlah air pada atmosfer, yang kemudian meningkatkan curah hujan. Meski kenaikkan curah hujan sebetulnya dapat meningkatkan jumlah sumber air bersih, namun curah hujan yang terlalu tinggi mengakibatkan tingginya kemungkinan air untuk langsung kembali ke laut, tanpa sempat tersimpan dalam sumber air bersih untuk digunakan manusia

Video 👇


Ada beberapa yang  sering terjadi fenomena-fenomena perubahan iklim telah terjadi di dunia, bahkan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa fenomena perubahan iklim


Gagal Panen Akibat Kekeringan 

Kasus gagal panen akibat kekeringan yang disebabkan oleh perubahan iklim. Banyaknya gagal panen puluhan hektar sawah, akan menimbulkan kerugian sangat besar. 


Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia

Perubahan iklim menyebabkan banyak masalah lingkungan. Hal yang sudah mulai terjadi adalah fenomena es di kutub-kutub bumi meleh yang menyebabkan permukaan air naik sehingga menyebabkan banjir. Ditambah lagi cuaca ekstrim yang belakangan ini sering terjadi. Misalnya saja, musim kemarau yang berkepanjangan,




Bukan hanya sawah aja tapi ada juga Petani Kopi di kampung saya sabab dengan perubahan iklim bisa  Gagal Panen. Tentunya tanaman kopi ikut terancam dampak perubahan iklim. dengan adanya gagal panen tersebut diakibatkan karena intensitas hujan yang sangat tinggi yang menggugurkan bunga tanaman kopi. Akibatnya, hanya 20 persen dari tanaman kopi yang dapat dipanen.


Gagal Panen  sayur, masyarakat tentu akan mulai mengeluhkan peningkatan penyakit tanaman yang disebabkan oleh hama tanaman yang menyerang tanaman mereka. Terkait fenomena ini, adanya pemanasan global telah terjadi di Indonesia. Pemanasan global memicu perubahan iklim yang berdampak pada serangan hama dan penyakit tanaman. Hal ini dikarenakan siklus perkembangan hama tanaman tidak terputus.


Akibat cuaca yang tidak menentu, para nelayan tidak dapat melaut. Cuaca juga menyebabkan jumlah ikan laut merosot tajam sehingga membuat hasil tangkapan ikan menurun. Secara otomatis, hal ini mempengaruhi pendapatan keseharian masyarakat.


Perubahan Iklim di Indonesia

Perubahan iklim berdampak sangat buruk bagi Indonesia, khususnya pada sektor keamanan pangan dan sektor perikanan. Kekeringan yang terjadi di Indonesia mengubah pola tanam yang mengakibatkan gagal panen. Selain itu, perubahan iklim juga mengubah arus laut dan menyebabkan pengasaman laut, sehingga menyebabkan menurunnya hasil tangkapan ikan.


Masyarakat akan Mulai Merasakan Perubahan Iklim diperkirakan dampak negatif pemanasan global akan melampaui dampak positifnya bila terjadi peningkatan suhu tidak normal tentu  peningkatan suhu tersebut diprediksikan akan tercapai sebentar lagi.




Peningkatan suhu bumi akan menyebabkan hilangnya lapisan es di Arktik pada musim panas, dan menipisnya lapisan tersebut pada musim dingin, jika dibandingkan dengan musim dingin-musim dingin sebelumnya



Pengaruh Cuaca Terhadap Kesehatan dan Perilaku

Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada lingkungan saja, tetapi juga pada perilaku, fisik dan mental manusia. Perubahan iklim dapat mengkibatkan perubahan cuaca yang sangat ekstrim, sehingga menimbulkan beberapa perubahan perilaku dan mental manusia, seperti meningkatnya alergi dan risiko sakit jantung.


Ayo kita selamatkan dunia untuk masa depan dengan menanam pohon sangat berguna dapat mengurangi perubahan iklim /  dapat menurunkan pemanasan global.


@bloggerperempuan


#UntukmuBumiku #TeamUpforImpact





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Merawat Baju Koko Modern

Siccin 6 Sangat Menakutkan Tapi Seru

Menabung Untung di Sobatku